alexametrics

Oppo Investasi Rp 97,6 Triliun untuk Kembangkan Chipset Sendiri

19 Februari 2020, 19:45:23 WIB

JawaPos.com – Saat ini sangat sedikit pembuat smartphone yang dapat mengembangkan chipset mereka sendiri. Tercatat hanya ada tiga perusahaan seperti Samsung, Apple, dan Huawei yang mampu membuat chip sendiri di luar ketergantungan mereka terhadap merek lain seperti Qualcomm dan MediaTek.

Xiaomi diketahui mencoba melakukan hal yang sama, membuat chipset sendiri dengan nama Surge S1. Namun sayang, percobaan itu tidak berhasil.

Sementara itu, Oppo sebagaimana dilansir JawaPos.com dari CNBeta, Rabu (19/2), menginformasikan kalau mereka sedang mengembangkan chipset sendiri. Sebelumnya mereka juga dilaporkan tengah bekerja pada chipset purwarupa sendiri bernama OPPO M1.

Namun, alih-alih menjadi prosesor, itu ternyata merupakan co-prosesor untuk optimasi daya pada smartphone milik perusahaan. Tapi, sekarang tampaknya Oppo siap untuk terjun ke pasar chipset ponsel.

Laporan menunjukkan bahwa Asisten Khusus CEO Oppo telah membagikan catatan internal di seluruh perusahaan kepada semua karyawan. Itu terkait untuk chip yang dikembangkan sendiri dari perusahaan Tiongkok itu.

Pada November 2019, Oppo telah menyebutkan juga soal ‘Rencana Mariana’ dalam dokumen internalnya. Tercatat bahwa proyek tersebut telah menerima masukan dan dukungan dari Komite Teknis Oppo TMG yang dibentuk sebulan sebelumnya.

Komite Teknis Oppo TMG dipimpin oleh Chan Yen. Dia juga menjabat sebagai kepala departemen platform Oppo. Yang menarik, dia sebelumnya bekerja sebagai Direktur Teknis di Qualcomm, produsen chipset seluler terkemuka.

Dalam perkembangan terakhir, teknisi dari Realme dan OnePlus, saudara perusahaan Oppo juga telah bergabung dengan rencana membangun chipset sendiri.

Terkait pengembangan chipset sendiri, CEO Oppo Chen Yongming telah mengungkapkan di Future Technology Conference bahwa perusahaan akan menginvestasikan sekitar CNY 50 miliar atau setara dengan Rp 97,6 triliun. Itu untuk penelitian dan pengembangan dalam tiga tahun ke depan terkait chipset sendiri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads