alexametrics

Penuhi Kebutuhan Data Scientist, IYKRA Gelar FFF

19 Januari 2018, 02:06:55 WIB

JawaPos.com – Lembaga pendidikan dan juga hiring solution yang berfokus pada pembangunan talent secara profesional dalam bidang data, teknologi dan bisnis, IYKRA menggelar acara Future Force Fair (FFF).

Acara ini diadakan untuk membantu percepatan kapabilitas tenaga kerja untuk terjun ke bidang data teknologi, yang dipercaya akan menjadi salah satu kekuatan pertumbuhan di masa depan.

Managing Director IYKRA Fajar Jaman mengatakan, acara ini diadakan dua hari, dan akan diisi workshop, kompetisi, seminar dan juga career matching bagi sekitar 300 peserta yang mendaftar. 

“Acara ini juga bagian dari respon kami terhadap permintaan tenaga kerja atas teknologi data mengalami peningkatan yang signifikan,” ujar Fajar dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Kamis (18/1). 

Menurut Fajar, kebutuhan data scientist di Indonesia terus meningkat, jika dilihat dari posisi pekerjaan di LinkedIn per Januari 2018 terdapat 251 posisi terbuka untuk data scientist di Indonesia saja dan 4,281 posisi terbuka untuk peran yang berkaitan dengan data teknologi yaitu data engineer, data analyst dan business intelligence. 

“Ini angkanya hampir mendekati posisi terbuka di Indonesia untuk akuntan di Linkedin yaitu sebanyak 4713 posisi.” kata Fajar.

Sementara itu, senada dengan Fajar, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho menjelaskan, Pemerintah Indonesia di era Presiden Joko Widodo memiliki sebuah visi besar dalam sektor ekonomi digital.

Bahkan, kata Yanuar, Presiden Jokowi menargetkan Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN tahun 2020 mendatang, dengan proyeksi nilai transaksi e-commerce mencapai 130 juta US Dollar pada tahun 2020.

“Untuk mencapai target tersebut, kami mencoba mengolah setiap transaksi online menjadi data yang informatif. Oleh karenanya, Negara akan banyak membutuhkan ahli dalam teknologi data ini” ungkap Yanuar.

Tak ketinggalan, kata sambutan Acara Future Force Fair ini juga disampaikan oleh Moeldoko selaku Kepala Staff Kepresidenan (KSP) lalu kemudian ditutup dengan pembagian beasiswa.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (dms/JPC)

Close Ads
Penuhi Kebutuhan Data Scientist, IYKRA Gelar FFF