alexametrics

BPPT Luncurkan Fasilitas Baru, Laboratorium Khusus Antisipasi Malware

18 Desember 2018, 05:10:04 WIB

JawaPos.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali meluncurkan fasilitas baru. Kali ini adalah Security Operation Center (SOC). Yakni sebuah fasilitas laboratorium keamanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Fasilitas SOC tersebut berada di bawah Pusat TIK BPPT. Bidang kerjanya adalah melakukan pengkajian, rekayasa, dan inovasi keamanan teknologi dan informasi. Termasuk di antaranya adalah melakukan penangkalan, pendeteksian, serta karakterisasi malware baru.

Tujuan dari fasilitas SOC adalah bisa dibuat semacam sistem keamanan. Kemudian sistem keamanan ini ditawarkan kepada instansi pemerintah pusat maupun daerah. Sehingga bisa dijamin kerahasiaan, keutuhan, dan validitasnya.

Serangan Malware memang jadi fokus atau perhatian utama mereka. Data yang disampaikan BPPT dalam peluncuran atau soft launching fasilitas SOC Senin (17/12) di antaranya adalah ada 300 ribu komputer dalam jaringan yang terpapar Malware. Kemudian satu dari 131 email yang berseliweran juga mengandung Malware.

Direktur Pusat TIK BPPT Michael Andreas Purwoadi mengatakan target kinerja SOC di 2019 adalah kemampuan melakukan karakterisasi malware. Selain itu pendeteksian malware baru berbasis kecerdasan buatan (artificial intelegence).

“Sistem akan berkembang dan disebarkan ke instansi. Jadi, bukan kami(BPPT) yang jalankan,” katanya.

Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM) BPPT Eniya L. Dewi menjelaskan fasilitas SOC tersebut merupakan salah satu kesiapan teknologi memasuki era induatei 4.0 dan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). BPPT mendapatkan amanah untuk menjadi tempat audit infrastruktur jaringan TIK, sistem TIK, dan pendampingan manajemen teknologi.

“Salah satunya kami luncurkan SOC ini,” jelasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (wan/JPC)



Close Ads
BPPT Luncurkan Fasilitas Baru, Laboratorium Khusus Antisipasi Malware