alexametrics

Peringati Sumpah Pemuda 2021 dengan Turnamen Data Sains Nasional 2021

18 September 2021, 19:57:01 WIB

JawaPos.com –  Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober merupakan salah satu titik balik perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 karena di masa itu pemuda belum bersatu untuk melawan penjajahan.

Namun, di tengah pandemi Covid -9 ini, peringatan Sumpah Pemuda menjadi suatu momentum agar bangsa Indonesia dapat bangkit dan mengatasi pandemi. Pandemi ini, membuat kita harus bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Dengan momen Sumpah Pemuda yang merupakan simbol perlawanan dan kebangsaan ini, Data Academy bersama Jakarta Open Data dan Jabar Digital Servis mengajak Pemuda Indonesia untuk maju membangun kompetensi terkait penguasaan teknologi terkait data analisi melalui Turnamen Sains Data Nasional 2021 (TSDN’21).

TSDN 2021 adalah kompetisi data science/datathon bertingkat nasional pertama  dan terbesar yang ditujukan bagi para penggiat sains data ataupun pemerhati data. Kegiatan Turnamen Sains Data Nasional 2021 yang dilakukan secara daring ini, diharapkan dapat memunculkan kesadaran dan penguasaan terhadap data dan teknologi, yang mendorong terwujudnya kemajuan dan kebangkitan ekonomi Indonesia.

Peserta TSDN 2021 ini akan dibagi ke dalam tiga kategori, yakni pelajar SMA dan sederajat, mahasiswa, dan kategori umum. Nantinya para peserta akan diberi tantangan untuk dapat mengidentifikasi pertanyaan atau tantangan bisnis terkini yang menjadi masalah analitis, dan bekerjasama untuk membuat kerangka solusi berbasis data dengan menggunakan perangkat lunak dan pemrograman serta visualisasi dengan tujuan untuk meningkatkan bisnis dan perekonomian yang dapat diimplementasikan secara nyata.

Pendaftaran dibuka sejak 10 September 2021 dan rencananya Turnamen Sains Data Nasional 2021 diselenggarakan pada 29 September hingga 12 Oktober 2021 ini akan memperebutkan dengan total hadiah sebesar Rp 450.000.000 yang terdiri dari uang tunai dan pelatihan.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads