alexametrics

Lebih Praktis, iOS 16 Bisa Transfer eSIM Hanya Lewat Bluetooth

18 Juni 2022, 17:11:45 WIB

JawaPos.com – IOS 16 diungkap Apple awal pekan lalu di WWDC atau World Wide Developer Conference. Melalui konferensi yang khusus mempertemukan Apple dengan para pengembang itu, iOS 16 yang akan datang dikupas habis.

Fitur-fitur di iOS 16 dipaparkan kepada para pengembang. Banyak yang menarik. Dan, salah satu yang baru saja terungkap adalah fitur eSIM alias embedded SIM atau SIM card electronic.

Pada update iOS 16, Apple memberikan fitur transfer eSIM atau memindahkan nomor kartu seluler dengan tipe e-SIM antarperangkat iPhone dengan sangat mudah. Dikutip dari TheVerge, transfer eSIM di iOS 16 mungkin dilakukan hanya dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

Fitur ini baru tersedia di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat dan Inggris. Fitur transfer eSIM dengan Bluetooth ini harus dibuka dukungannya oleh operator yang digunakan untuk dapat berjalan di iOS 16.

Selain didukung oleh operator seluler (opsel) setempat, syarat utama untuk transfer eSIM dengan Bluetooth antara dua perangkat iPhone adalah kedua perangkat tersebut sudah menggunakan iOS 16 dan ada dalam jarak dekat, tidak terkunci dan pengaturan Bluetooth aktif.

Namun, perlu dicatat, ada operator yang membolehkan pengguna memakai QR code untuk memasang eSIM, namun ada juga yang mesti harus menghubungi operator untuk mendapat eSIM baru.

ESIM sendiri sudah mendukung di Tanah Air. Sejauh ini di Indonesia baru ada Smartfren yang menyediakan kartu SIM dalam bentuk eSIM, dan cara instalasinya dilakukan lewat memindai QR code yang ada pada kemasan atau dikirimkan lewat email.

Hanya saja, perlu diingat saat ini iOS 16 masih dalam masa developer beta. Jadi mungkin masih akan terjadi perubahan pada fitur-fiturnya. Tak diketahui juga berapa banyak operator yang mendukung fitur ini, sampai iOS 16 diluncurkan secara penuh dalam beberapa waktu mendatang, kita tunggu saja.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads