alexametrics

Jelang ASO, Ini yang Perlu Diperhatikan Masyarakat saat Membeli STB

18 April 2022, 19:07:19 WIB

JawaPos.com – Pemerintah bakal mulai melaksanakan tahap satu pelaksanaan ASO atau Analog Switch Off. Yakni proses siaran TV analog bakal dimatikan dan sepenuhnya beralih ke siaran digital. Dengan beralih ke siaran digital, masyarakat dijanjikan bisa menyaksikan siaran TV dengan gambar dan suara yang lebih jernih.

Meski demikian, pada prosesnya, ASO menuntut masyarakat untuk memiliki perangkat TV yang sudah mendukung untuk bisa menangkap siaran TV digital. Jika belum mendukung, TV konvensional tetap bisa menangkap siaran digital dengan catatan menggunakan perangkat tambahan STB atau Set Top Box.

Soal STB sendiri, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan bakal menggulirkan bantuan STB gratis bagi masyarakat kurang mampu. Hal ini dimaksudkan agar proses ASO ini tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat terlebih masyarakat kelas bawah yang memiliki keterbatasan untuk membeli perangkat TV baru yang mendukung siaran digital.

Sementara bagi yang mampu, masyarakat dipersilakan untuk membeli STB secara mandiri. Saat ini STB sendiri sudah dapat dibeli di toko elektronik baik secara daring maupun datang ke toko secara langsung.

Beragam jenis STB tersedia, harganya juga terjangkau. Namun demikian, disampaikan oleh Analis Kebijakan Ahli Madya, Koordinator Layanan Televisi, Direktorat Penyiaran Kominfo, Sukamto, masyarakat jangan asal membeli STB. Sukamto mengungkapkan, saat ini banyak beredar perangkat STB tidak resmi alias ilegal. Penggunaan STB yang tidak resmi sendiri juga bisa bikin masyarakat rugi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: