alexametrics

Twitter Catat 1,5 Juta Cuitan Debat Capres, Ini Tagar Terpopuler

18 Februari 2019, 14:24:10 WIB

JawaPos.com – Acara debat calon presiden (capres) yang berlangsung pada Minggu (17/2) malam kemarin tak hanya riuh di dunia nyata. Linimasa Twitter seperti biasa juga menjadi tempat menarik bagi warganet untuk membahas topik seputar debat capres kedua tersebut.

Pihak Twitter Indonesia mencatat bahwa ada sebanyak 1,5 juta tweet terkait debat capres tersebut. “Twitter adalah platform di mana percakapan politik terjadi secara real-time dan di mana Anda dapat melihat semua sisi dari berbagai topik, terutama selama Pemilu 2019 berlangsung,” jelas Twitter dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Pihak Twitter juga menyebut bahwa masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru dunia memusatkan perhatian mereka ke Twitter melalui tagar atau hashtag #DebatPilpres2019 kedua semalam. “Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00-23.00 WIB, dengan hampir 290.000 Tweet per menit,” terang pihak Twitter Indonesia.

Debat Capres, Twitter Debat Capres, Debat Capres Twitter
Capres nomor urut 01, Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, saat debat capres kedua, Minggu (17/2) malam. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Sebagaimana diketahui, debat capres kedua kali ini berfokus pada isu energi, ketahanan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Cuitan seputar isu-isu tersebut diklaim sangat dekat dengan keberlangsungan hidup masyarakat sehari-hari. Hal ini dapat ditemukan dengan mudah di Twitter melalui kata kunci atau tagar tertentu.

Adapun untuk tagar yang banyak dicuitkan selama acara debat berlangsung, antara lain, #DebatPintarJokowi, #PrabowoMenangDebat, #DebatPilpres2019, #CurhatPilpres2019, #DebatKeduaPilpres2019, #Debat02PrabowoMenang, #NewEraPrabowoSandi, #JokowiOrangnyaBaik, #DebatCapres.

Tidak hanya ramai membicarakan isu-isu terkini, pengguna Twitter juga ramai melontarkan komentar-komentar dan meme-meme kocak terkait momen-momen menarik saat debat. Cuitan-cuitan menghibur dan mengundang tawa pun terangkum dalam tagar #DebatSebel dan #CurhatPilpres2019.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Twitter Catat 1,5 Juta Cuitan Debat Capres, Ini Tagar Terpopuler