alexametrics

Terinspirasi Tesla, Huawei Ingin Buat Mobil Otonom

18 Januari 2020, 18:46:57 WIB

JawaPos.com – Huawei menjadi perusahaan yang dikenal gigih di tengah sengitnya perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok beberapa waktu lalu. Dijegal dari sistem operasi (OS) Android dari Google yang merupakan perusahaan AS, Huawei pun mengembangkan OS sendiri.

Tak hanya itu, Huawei juga diketahui cukup berperan membuat dorongan besar ke arah industri 5G. Kini yang terbaru, masih di sektor industri teknologi, Huawei dikabarkan tertarik untuk mengembangkan mobil swakemudi alias mobil otonom.

Dikutip JawaPos.com dari Gizmochina, Sabtu (18/1), perusahaan Tiongkok itu rupanya juga memiliki minat lain untuk dikejar. Ya, Huawei ingin membantu dalam membangun mobil.

Rotating Huawei Chairman, Xu Zhijun mengatakan, mobil berubah seiring dengan kebutuhan pengguna dan mobil tanpa pengemudi adalah masa depan. Pihaknya bahkan menggambar inspirasi dari Tesla dengan harapan bisa mencapai itu.

“Tujuan utama kami adalah untuk mencapai ketiadaan pengemudi sepenuhnya, tetapi dalam proses bergerak menuju tujuan akhir, itu dapat menciptakan nilai. Saat ini, Tesla sudah menciptakan nilai bagi semua orang,” kata Xu.

Ketika ditanya tentang apakah Huawei benar-benar dapat melangkah jauh dalam industri ini, Xu menyebut bahwa jika Tesla dapat melakukannya sekarang, kita semua dapat melakukannya.

Namun penting untuk dicatat bahwa perusahaan mereka tidak ingin membuat mobil sendiri. Menurut Lu Xiaofeng, manajer umum lini produk V2X Huawei, pihaknya tidak membuat mobil, tetapi akan membantu perusahaan mobil membuat mobil yang bagus melalui kolaborasi.

Mereka akan mencapai ini melalui kontribusi dalam teknologi ICT dan menjadi pemasok komponen otomotif pintar dalam membuat mobil yang lebih baik. Sampai sekarang, Huawei menggunakan keahlian mereka dalam 5G bersama dengan SAIC dan China Mobile untuk membangun mobil 5G yang terhubung. Mobil-mobil ini memiliki kemampuan 5G atau LTE-V, mendukung fungsi mengemudi yang dibantu C-ITS, fitur interaksi suara yang cerdas, bahkan memiliki fungsi panggilan video langsung.

Selain Huawei, sebagaimana sudah kami beritakan sebelumnya, ada juga perusahaan teknologi lainnya yang menyatakan minat untuk industri otomotif terutama mobil pintar dengan kemampuan swakemudi. Perusahaan tersebut adalah Sony yang belum lama ini memamerkan mobil konsep Sony Vision-S di Consumer Electronic Show (CES) 2020 belum lama ini di Las Vegas, Nevada, AS.

Lewat mobil tersebut, Sony tak lantas ingin langsung terjun ke bisnis otomotif. Salah satu petinggi Sony mengklarifikasi bahwa dengan mobil konsep Vision-S, Sony ingin menunjukkan kepada siapapun bahwa teknologinya bisa juga dimanfaatkan untuk kemajuan sektor otomotif masa depan dalam hal ini mobil otonom.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads