alexametrics

Update Windows 10 Dikeluhkan Menghapus File Pengguna

17 Februari 2020, 09:56:25 WIB

JawaPos.com – Windows 10 saat ini menerima pembaruan KB4532693. Pembaruan atau update yang seharusnya meningkatkan performa dan aspek keamanan justru dikeluhkan menghilangkan beberapa file penting pengguna.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Gizchina, Senin (17/2), menurut kesaksian beberapa pengguna, pembaruan kumulatif baru ini berisi bug. Dikatakan, semua file di desktop dan semua profil pengguna menghilang secara misterius setelah instalasi update dilakukan.

Pembaruan KB4532693 yang digulirkan pada 11 Februari 2020 lalu. Laman Bleeping Computer melaporkan, menginstal firmware baru dapat menghapus semua file di desktop (gambar, video, dokumen dan lain-lain.) Serta semua profil pengguna.

“Pembaruan tampaknya telah mengatur ulang tampilan ke sistem Windows default. Dengan kata lain, semua ikon khusus hilang dan latar belakang dikembalikan ke logo Windows ,” jelas seorang pengguna.

Bagaimana memulihkan file dari desktop dan profil yang berubah atau hilang setelah menginstal pembaruan Windows 10?

Menurut Bleeping Computer, pembaruan KB4532693 menjadikannya profil sementara selama proses instalasi. Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Windows 10 gagal memulihkan profil pengguna setelah instalasi selesai. Dalam beberapa kasus, memulai ulang komputer menyelesaikan bug. Di yang lain, masalahnya masih berlanjut.

Untuk memulihkan file di desktop dan profil, cukup ikuti manuver seperti ini, pertama Buka file explorer > pergi ke Local Disc > pergi ke C:\Users to open the list of profiles on your PC > cari profil yang berakhiran .000 atau .bak dan buka.

Dihubungi oleh Gizchina, Microsoft mengklaim telah mengetahui masalah dan menyelidiki situasi tersebut. Hal tersebut juga seolah menjadi tradisi. Pembaruan yang digulirkan pada Microsoft Windows 10 seringkali penuh dengan bug.Diharapkan, raksasa perangkat lunak itu akan memperbaikinya dalam beberapa hari ke depan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads