alexametrics

Hobi Bikin Konten Berujung Membantu Geliat UMKM

17 Januari 2022, 13:10:24 WIB

JawaPos.com – Peran kreator konten di era digital, khususnya di masa pandemi, sudah terbukti berhasil membuat beberapa sektor bertahan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah alias UMKM adalah salah satu sektor yang mampu bertahan berkat kreativitas dari kreator konten yang bekerjasama dengan mereka.

Peran kreator konten yang kian krusial dalam sebuah bisnis pun kian lama kian menunjukkan bahwa industri kreatif tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Banyaknya media dan platform yang tersedia pun membuat para kreator konten bisa berkarya sebebas-bebasnya dengan ide-ide liar mereka.

Nazil Rizqi Hanggara adalah salah seorang kreator konten yang boleh dibilang aktif dalam berkarya sembari membantu geliat para UMKM di masa pandemi. Di usia yang masih sangat belia, pemuda asal Blitar kelahiran 5 Januari 1999 itu mengatakan bahwa kemampuannya banyak ia curahkan untuk para pelaku UMKM.

“Kebetulan basic pendidikan saya IT. Jadi terkadang juga diajak men-develop suatu sistem atau program,” ujar pemuda yang lebih dikenal dengan alias El Rembes tersebut.

Keseriusannya sebagai kreator konten pun terlihat dari caranya menampilkan portofolio berupa hasil karya dan konten garapannya. Lewat situs pribadinya, elrembes.net, Nazil memajang berbagai macam konten buatannya dengan tertata.

“Pada awalnya buat konten hanya hobi saja untuk mengisi waktu luang. Kemudian iseng coba-coba upload di media sosial. Seiring berjalanya waktu kemudian ada teman yang ingin dibuatkan (konten). Dari situ, alhamdulillah dapat klien dari sebuah instansi yang ingin dibuatkan logo, hingga membuat video klip musik,” sambung pengagum Sujiwo Tejo tersebut.

Dari hobinya tersebut, Nazil mengaku bisa mendapatkan keuntungan secara materi, “Sambil menekuni hobi, bisa juga dapat uang jajan,” sambungnya.

Ihwal membantu para pelaku UMKM dalam mempromosikan dagangannya, Nazil mengatakan bahwa awalnya ia menawarkan diri membantu temannya yang bergerak di bidang UMKM untuk membuatkan konten.

“Beberapa teman ada yang merintis UMKM, namanya juga masih sama-sama merintis jadi saya tawarkan saja bantuan. Mulai dari  desain logo, stiker produk, dan lainnya. Intinya sih saya membantu apa yang bisa dilakukan bareng-bareng. Dari teman-teman juga saya mendapat relasi yang lebih luas lagi mendapat klien baru juga dari promosi teman,” katanya.

Menyoal ide dalam membuat konten, Nazil menuturkan bahwa ia konten yang ia buat tidak datang dari kepalanya saja. “Kalau soal teknis sih biasanya sharing dengan teman, terus cari referensi di internet. Kebetulan teman-teman banyak yang satu frekuensi dan mendukung,” ujarnya.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads