alexametrics

Tinggalkan Micro USB, Eropa akan Terapkan Port Seragam Type-C

17 Januari 2020, 22:57:19 WIB

JawaPos.com – Micro USB hingga kini masih kerap digunakan pada perangkat smartphone terbaru. Padahal port pengisian daya model lama itu akan tergantikan USB Type-C. Hal tersebut berlaku untuk smartphone yang dipasarkan hampir di seluruh dunia.

Tak ingin lagi ada kebingungan soal port USB pada perangkat smartphone, dalam hal ini yang masih menggunakan Micro USB,
Eropa dikabarkan bakal menerapkan standar tunggal. Standar tersebut berlaku untuk model smartphone baru yang dipasarkan di sana wajib memiliki port daya terbaru, USB Type-C.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari MacRumors, Jumat (17/1), anggota parlemen Eropa ingin menerapkan hukum pada semua produsen ponsel pintar untuk memaksa mereka menggunakan port pengisian yang sama. Dengan mempertimbangkan teknologi saat ini, port itu adalah USB Type-C yang masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan pada semua bidang teknologi.

Meskipun Micro USB merupakan sesuatu yang dicadangkan untuk model paling dasar, hal ini bisa menghilang secara hukum dalam waktu dekat. Setidaknya di Eropa dan seharusnya terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Port pengisian daya USB Type-C mencapai pasar seluler selama 2015 dan salah satu telepon pertama yang mengusungnya adalah OnePlus 2. Ini berarti sudah sekitar lima tahun Port USB Type-C telah digunakan.

Namun, masih ada produsen yang menolak untuk sepenuhnya melompat ke port baru ini. Mereka masih menggunakan Micro USB yang kita tahu sudah ada sejak era smartphone dimulai.

Kembali ke Eropa yang meminta standar tunggal untuk port USB Type-C terbaru hadir di setiap smartphone anyar. Hal ini akan memudahkan banyak pengguna untuk setiap kebutuhan mereka, terlepas dari merek ataupun model smartphone yang mereka gunakan.

Tak hanya antar-smartphone, USB Type-C juga dapat terkoneksi antara berbagai produk. USB Type-C dapat digunakan termasuk oleh komputer, headphone, serta tablet. Standar tunggal penerapan port USB baru di pasar ponsel cerdas Eropa tak hanya akan memengaruhi perangkat Android. Lebih jauh, Apple juga akan terpengaruh.

Beberapa perangkat Apple lama yang masih dipasarkan masih ada yang menggunakan port Lightning. Namun begitu, kini pada beberapa perangkat iPad Pro dan MacBook mereka juga mulai menetapkan USB Type-C.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads