alexametrics

Bukan IPhone, Apple Hadirkan Watch Series 6 dan Watch SE Baru

16 September 2020, 17:37:10 WIB

JawaPos.com – Melalui sebuah acara virtual pada Rabu (16/9) dini hari WIB, Apple resmi memperkenalkan gadget terbarunya. Bukan perangkat iPhone terbaru yang diungkapkan Apple kali ini seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan perangkat smartwatch atau arloji pintar terbarunya yakni Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE.

Apple Watch Series 6 yang baru dirilis Apple sekaligus memperkenalkan fitur Blood Oxygen revolusioner. Fitur tersebut diklaim menawarkan lebih banyak wawasan kepada pengguna tentang kesehatan mereka secara keseluruhan.

Apple Watch Series 6 juga menghadirkan banyak peningkatan perangkat keras penting, termasuk S6 System in Package (SiP) yang lebih cepat dan altimeter always on generasi berikutnya, bersama dengan jajarannya yang paling berwarna, menampilkan palet yang indah dari cover dan tali jam baru. Apple pada peluncuran Apple Watch Series 6 baru ini sekaligus merilis sistem operasi (OS) khusus perangkat smartwatch baru WatchOS 7.

Ilustrasi: Apple Watch SE baru. (Apple)

Pada sistem operasi baru itu, Apple menghadirkan beberapa fitur baru. Termasuk diantara fitur WatchOS7 baru adalah mmenghadirkan Pengaturan Keluarga, pelacakan tidur, deteksi cuci tangan otomatis, jenis latihan baru, dan kemampuan untuk mengkurasi dan berbagi tampilan jam, mendorong pelanggan untuk lebih aktif, tetap terhubung, dan mengelola kesehatan mereka dengan lebih baik dengan cara baru.

“Apple Watch Series 6 sepenuhnya mengubah apa yang bisa dilakukan jam tangan,” kata Jeff Williams, chief operating officer Apple saat peluncuran virtual jajaran produk baru Apple. “Dengan fitur-fitur baru yang canggih, termasuk sensor dan aplikasi Oksigen Darah, Apple Watch menjadi semakin tak tergantikan dengan memberikan wawasan lebih jauh tentang kesehatan secara keseluruhan,” imbuh Williams.

Soal spesifikasi, Apple Watch Series 6 baru kali ini dibekali prosesor S6. Prosesor ini diadaptasi dari chip A13 Bionic yang digadang-gadang telah disesuaikan untuk Apple Watch. Chip ini diklaim mampu meningkatkan masa hidup baterai hingga 18 jam dan mempercepat waktu pengisian daya, yang hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Sama seperti pendahulunya, arloji pintar ini juga memiliki fitur always-on display. Namun sebagai perangkat yang lebih baru, fitur always-on display di Apple Watch 6 kini ditingkatkan dam diklaim 2,5 kali lebih terang dari pendahulunya.

Tak hanya Apple Watch Series 6, Apple juga turut memperkenalkan arloji pintar versi terjangkau, Apple Watch SE. Sesuai dengan namanya, arloji pintar ini dibanderol dengan harga lebih murah seperti halnya “SE” yang lain di perangkat iPhone.

Apple Watch SE memiliki tampilan yang mirip dengan Apple Watch Series 6. Namun, untuk spesifikasi lebih renda dan hadir dengan spesifikasi yang serupa dengan Apple Watch 5. Meski harganya lebih murah, fitur yang dibawa Apple Watch SE juga tak kalah dari Apple Watch Series 6.

Ada juga sejumlah fitur baru yang hadir di Apple Watch Series 6 SE seperti akselerometer, giroskop, altimeter, pelacak tidur, pendeteksi jatuh, dan deteksi cuci tangan. Serupa juga dengan Apple Watch Series 6, Apple Watch SE menjalankan sistem operasi watchOS 7. Adapun fitur-fitur yang hadir pada Apple SE meliputi pelacakan waktu tidur, pendeteksi waktu cuci tangan, dan pendeteksi jatuh.

Untuk urusan harga, Apple Watch SE nantinya akan dibanderol sebesar USD 279 atau berkisar Rp 4,1 jutaan dan varian seluler pada USD 329 atau berkisar Rp 4,8 jutaan. Sesi pre-order Apple Watch SE baru dilaksanakan pada 18 September mendatang.

Sementara untuk perangkat Apple Watch Series 6 biasa tersedia dalam beberapa pilihan material, yakni aluminium, stainless steel, hingga black titanium. Apple Watch Series 6 40 mm dijual mulai dari USD 399 atau setara dengan Rp 5,9 jutaan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads