alexametrics

Ramai PHK Massal Startup Teknologi, Kominfo Tanggapi Begini

16 Juni 2022, 12:36:43 WIB

JawaPos.com – Salah satu tantangan pelaku startup digital saat ini berkaitan dengan keberlanjutan bisnis. Belakangan bahkan diketahui banyak startup teknologi yang melakukan PHK besar-besaran.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, pelaku startup digital perlu memperhatikan tiga aspek tata kelola agar perusahaan tidak mengalami masalah.

“Ketiga aspek itu yakni prinsip usaha atau product dan service, skema pembiayaan, dan manajemen. Jadi tiga aspek itu kalau tidak dikelola dengan baik, maka perusahaan akan mengalami masalah,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/6).

Menurut dia, penerapan prinsip usaha merupakan kunci keberlanjutan usaha di semua sektor. Politisi Partai Nasdem itu bilang kalau PHK bisa terjadi di semua jenis usaha yang tidak dipersiapkan dengan baik, apakah itu startup digital atau startup nondigital.

“Karena apa? Prinsip-prinsip usaha, kan harus menyiapkan produk maupun service-nya dengan betul, punya skema pembiayaan yang memadai apakah itu ekuitas atau kombinasi dan debt person-nya (hutang), serta para sponsor (founders) dengan manajemen,” lanjut Johnny.

Ia menyayangkan ketika perusahaan mengalami masalah, penyelesaian pertama yang paling mudah dilakukan dengan layoff atau pengurangan karyawan.

“Padahal, prinsip karyawan itu ya bukan aset lagi melainkan capital untuk suatu usaha. Makanya isu layoff ini begitu sensitif di saat sekarang. Apalagi isu layoff dikaitkan dengan startup bubble (gelembung startup),” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads