alexametrics

Cara Beralih ke TV Digital, Gunakan STB Gratis Kominfo hingga Smart TV

14 April 2022, 12:55:42 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mulai melakukan migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital secara bertahap. Proses yang dikenal sebagai Analog Switch Off (ASO) ini dimulai pada akhir April ini sampai November 2022 mendatang.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat untuk segera mempersiapkan dengan membeli Set Top Box (STB) secara mandiri agar tidak kerepotan jelang akhir-akhir proses ASO. Namun, bagi masyarakat yang tak memiliki kemampuan untuk beralih ke siaran TV digital tak perlu khawatir. Sebab, pemerintah akan memberikan bantuan STB gratis bagi masyarakat miskin.

Perlu diingat, penggunaan STB hanya berlaku bagi TV yang belum memiliki kemampuan menangkap siaran TV digital atau belum memiliki fitur DVB-T2. Nah, STB sendiri nantinya akan bertugas menangkap sinyal TV digital seperti DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV. DVB-T2 sendiri merupakan standar untuk menangkap siaran TV digital di Indonesia.

“Kami imbau masyarakat mulai mempersiapkan set top box. Buat masyarakat miskin, sesuai aturan yang sudah kami siapkan akan mendapat bantuan STB. Sementara yang mampu silakan membeli sendiri,” ujar Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ismail, di Jakarta belum lama ini.

Selain mendapatkan STB gratis atau membeli sendiri bagi yang mampu, proses beralih ke TV digital juga bisa dilakukan dengan cara lainnya yakni dengan membeli Smart TV atau Android TV. Namun bagi yang sudah memiliki TV keluaran terkini (non Smart TV), yang banyak beredar juga sudah mendukung siaran TV digital tanpa perlu STB.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: