alexametrics

Robot Cerdas untuk Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas

14 April 2019, 08:09:13 WIB

JawaPos.com – Bayangkan ketika pertanian yang identik dengan traktor atau hewan sebagai alat bantu meringankan para petani digantikan dengan robot. Hal tersebut bisa saja terjadi dalam waktu dekat ini sejalan dengan gagasan otomasi di banyak sektor.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari CGTN, Minggu (14/4), British Small Robot Company merancang robot kecil dan ringan bernama Tom, Dick, dan Harry. Perusahaan itu mengatakan bahwa peran traktor akan tergantikan dengan robot pertanian kecil, cerdas, dan presisi di masa depan. Robot juga diklaim akan membuat pertanian lebih produktif, menguntungkan, dan meningkatkan hasil serta efisiensi.

Insinyur Small Robot Company Robin Jackson mengungkapkan, robot bernama Tom mampu menganalisa tanaman dan memberikan prediksi akan hasilnya di kemudian hari. “Tom akan keluar ke ladang setiap hari memeriksa tanaman. Ambil ratusan ribu foto tanaman dan ukur segala macam profil yang berbeda tentang mereka,” katanya demikian.

Di tempat lain, Jamie Butler, pemilik Whitewool Farm yang sedang menguji coba robot, mengatakan, potensi penghematan akan dibuat dalam pupuk, nutrisi, dan pestisida. Dia menyebut hal yang menjadi prioritas adalah pengurangan input variabel. Artinya, teknologi canggih membantu untuk mendapatkan penilaian yang jauh lebih akurat dan masalah target yang ada.

Ben Scott Robinson, salah satu pendiri Small Robot Company menambahkan bahwa layanan robot pertanian akan memungkinkan petani mengendalikan biaya dan berkonsentrasi pada pengembangan bisnis mereka, di samping juga memperbaiki mesin.

“Kami sedang menjauhkan traktor dari seorang petani. Kami mengambil penggantian pipa yang telah digerogoti tikus pada kit pengeboran mereka karena telah ditinggalkan di gudang selama setahun. Kami melakukan itu dan dengan melakukan itu kami membebaskan petani untuk benar-benar berkonsentrasi membuat pertanian mereka menjadi bisnis yang sukses dan menguntungkan,” katanya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads