alexametrics
Google's Year in Search 2017

Hebat, Popularitas Setya Novanto Kalahkan Jokowi dan Raja Salman

13 Desember 2017, 18:15:44 WIB

JawaPos.com – Banyak peristiwa penting yang berlangsung sepanjang 2017. Momen selama itu pun terekam di situs pencarian Google. Nah, hari ini (13/12), raksasa teknologi itu merilis daftar pencarian yang paling populer sepanjang 2017.

Menariknya, ada tiga tokoh penting yang ternyata bertengger di sepuluh besar pencarian Google. Ketiganya yakni Setya Novanto, Jokowi, dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Setya Novanto berada di nomer tiga, Jokowi bertengger di nomor enam, sedangkan Raja Salman di posisi delapan.

Selama 2017 memang nama Setya Novanto kerap muncul di media. Selain karena posisinya sebagai Ketua DPR, dia juga menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran diduga terlibat dalam korupsi e-KTP.

Google's Year in Search 2017
Country Director Google Indonesia Tony Keusgen acara Google Year In Search 2017 di The Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (12/13). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Namanya semakin melejit ketika dia melakukan perlawanan atas status tersangkanya. Bahkan sempat kecelakan dan menjadi buronan KPK. Namun akhirnya kini dia berada ditahanan KPK. Sepak terjang itulah yang mungkin menjadikan keyword ‘Setya Novanto’ menjadi top search di Google selama 2017.

Begitu pun sosok Jokowi. Keyword ‘Jokowi Mantu’ berhasil masuk top search dalam Google. Diketahui memang pada 8 November lalu, orang nomor satu di Indonesia itu menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Sementara itu, Raja Salman juga sempat menjadi perhatian masyarakat ketika dia berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017 lalu. Dalam kunjungan tersebut, Raja Salman membawa ribuan delegasi termasuk para menteri dan pangeran. Maksud kunjungannya adalah untuk menjalin kerja sama sekaligus berlibur di Bali.

Itulah tiga tokoh yang masuk dalam sepuluh besar penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017. Country Director Google Indonesia Tony Keusgen mengatakan, pengguna internet di Indonesia itu unik. Mereka menyukai hal-hal aneh.

“Apa pun yang aneh cepat banget booming. Termasuk soal tiang listrik itu sempat langsung booming,” katanya saat ditemui JawaPos.com di acara Google Year In Search 2017 di The Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (12/13).

Adapun kesepuluh Google Year in Search 2017 secara berurutan adalah sebagai berikut:

1. Surat Cinta untuk Starla
2. Pengabdi Setan
3. Setya Novanto
4. Pilkada DKI
5. SEA Games
6. Jokowi Mantu
7. Ayam Geprek
8. Raja Salman
9. Sidang Ahok
10. Om Telolet Om

Editor : admin

Reporter : (fab/ce1/JPC)


Close Ads
Hebat, Popularitas Setya Novanto Kalahkan Jokowi dan Raja Salman