alexametrics

Registrasi Kartu Berbasis NIK Bisa Cegah Terorisme

13 Oktober 2017, 10:36:22 WIB

JawaPos.com – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) mendukung penuh kebijakan registrasi kartu sub­scriber identification module (SIM card) berbasis nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK).

Kebijakan itu dianggap provider sebagai langkah maju dalam memberi pelanggan pelayanan terbaik. Termasuk melindungi pelanggan.

“Kami mendukung karena regulasi ini tujuannya untuk memberikan perlindungan konsumen,” kata DGM Corporate Communication Tri Indonesia, Arum K. Prasodjo kepada JawaPos.com, Jumat (13/10)

Apalagi, selama ini data pelanggan kerap disalahgunakan orang lain untuk berbuat kriminal. “Hal ini dapat menangkal penyalahgunaan data pelanggan untuk tindakan kriminal, terorisme, dan lain-lain,” tambahnya.

Lanjut Arum, pihaknya juga sudah siap secara teknis dalam penerapan kebijakan tersebut. Kesiapan itu diharapkan dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan penyesuaian.

“Secara teknis kami telah siap dan melakukan tes serta kordinasi bersama Kominfo, Ditjen Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil),” tandasnya.

Seperti diketahui, pada 31 Oktober nanti, semua kartu sub­scriber identification module (SIM card) harus teregistrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK).

Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak melakukan registrasi, nomor telepon seluler (ponsel) tidak bisa digunakan lagi.

Aturan baru tersebut diumumkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (11/10). SIM card nomor baru, bisa digunakan jika telah melakukan registrasi. Nomor lama pun diminta registrasi dan diberi tenggat sampai 28 Februari.

Jika sampai deadline itu tidak melakukan pendaftaran, nomor akan diblokir.

“Dengan ketentuan ini, semua nomor akan diketahui identitas pelanggannya. Itu sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan nomor,” kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza.

Sasaran utama kebijakan tersebut adalah pelanggan prabayar. Sebab, seluruh pelanggan pascabayar sudah teregistrasi. Kebijakan tersebut juga mendukung program national single identity.

Proses registrasi tidak sulit. Caranya, kirim SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#, sedangkan pelanggan lama menggunakan format ULANG# NIK# NomorKK#.

Registrasi dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan calon pelanggan baru dan pelanggan lama prabayar tervalidasi.

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)



Close Ads
Registrasi Kartu Berbasis NIK Bisa Cegah Terorisme