alexametrics

TV Analog Bakal Dimatikan, Kominfo Pastikan Ketersediaan STB Memadai

13 April 2022, 14:33:42 WIB

JawaPos.com – Siaran TV analog bakal dimatikan atau ASO (Analog Switch Off). Berdasar itu, masyarakat diminta untuk mulai membeli perangkat Set Top Box (STB) jika TV mereka belum mendukung siaran digital. Kalau TV sudah mendukung untuk menangkap siaran TV digital, perangkat STB tidak lagi diperlukan.

Mengingat proses ASO segera dimulai bertahap, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan ketersediaan Set Top Box untuk masyarakat nggak akan langka seperti halnya minyak goreng. Dengan demikian, masyarakat tak perlu khawatir tidak bisa menikmati siaran TV Digital sebelum November 2022.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail. Dia mendorong masyarakat yang TV-nya belum support siaran digital untuk segera membeli STB mengingat saat sudah dekat dengan ASO, dikhawatirkan perangkat tersebut akan sulit didapat.

“Karena jumlah tersedia banyak, kami harapkan tidak ada kelangkaan seperti minyak goreng. Kami sudah sertifikasi 18 produsen nasional untuk memproduksi STB secara umum. Bahkan, harganya kompetitif sekali,” kata Ismail dalam konferensi pers persiapan Analog Switch Off Tahap 1 yang disaksikan secara daring belum lama ini.

Dirinya juga menjelaskan, untuk mencegah kelangkaan STB di pasaran, Kemenkominfo akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) agar seluruh produsen STB bersiap diri menyiapkan perangkat yang mendukung TV digital itu.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: