alexametrics

Samsung Prediksi 5G Makin Berkembang pada 2022, Penetrasi Tambah Luas

12 Januari 2022, 17:02:11 WIB

JawaPos.com – Teknologi jaringan seluler generasi kelima atau lebih dikenal sebagai teknologi 5G mulai diperkenalkan oleh sejumlah operator seluler (opsel) di Indonesia. Teknologi ini nantinya akan menjadi basis dari standar telekomunikasi berikutnya termasuk di Indonesia.

Teknologi ini digadang-gadang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya, yaitu 4G, yang mana saat ini masih menjadi teknologi jaringan standar di berbagai wilayah Indonesia.

Pengembangan teknologi jaringan 5G juga menjadi salah satu bukti dari inovasi yang terus dilakukan para ahli. Ini juga menjadi fokus produsen smartphone, yang mulai memproduksi perangkat dengan dukungan layanan 5G ini.

Dengan kecepatan tinggi, jaringan 5G ini diklaim mampu menyuguhkan banyak manfaat kepada penggunanya. Buat main game, streaming konten, unduh dan unggah data, semua dijanjikan bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Dibekali segudang keunggulan 5G, sayangnya pada fase awal perkenalannya pada 2021 lalu, penetrasi jaringan tersebut masih sangat minim. Wajar, ini masih dalam tahap awal. Baru Kota-kota besar di Indonesia saja yang sudah bisa merasakan 5G. Namun, untuk mendapatkan perangkatnya sendiri sudah gampang. Dan, pada 2022, Samsung memprediksi kalau tahun ini 5G di Indonesia akan semakin membumi dan semakin banyak dikenal dan digunakan masyarakat.

Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia menyampaikan, setelah serangkaian proses simbolisasi di 2021, Samsung melihat tren 5G di Indonesia akan naik signifikan.

“Untuk 5G sendiri Samsung meyakini kalau di Indonesia tahun ini akan semakin ramai ponsel 5G. Tren-nya akan kesana,” ujar Khing Seng melalui sesi temu media terkait Galaxy S21 FE 5G pada Selasa (11/1) di Jakarta.

Khing Seng melanjutkan, dirinya berkeyakinan, setelah 5G hadir terbatas di beberapa daerah di Tanah Air, di 2022 ini coverage-nya juga akan tambah luas. Hal inilah yang membuat 5G makin dikenal dan adopsi perangkat 5G jadi semakin luas di masyarakat.

“Samsung yakin coverage-nya (5G) akan tambah luas di tahun ini. Dan nantinya perangkat-perangkat 5G juga akan semakin banyak dan makin dikenal, hal ini yang membuat kami yakin kalau di 2022 ini tren ponsel di tanah air masih akan fokus di 5G,” terangnya.

Terkait perangkat 5G khusus untuk Samsung, Khing Seng juga memberikan isyarat kalau teknologi jaringan seluler terbaru ini tidak akan terbatas pada ponsel saja. Nantinya perangkat tablet pun demikian.

Untuk tablet Samsung yang akan hadir nanti, Khing Seng bilang kalau tidak menutup kemungkinan bahwa gadget tersebut turut pula dibekali dengan kemampuan menangkap jaringan 5G. Sayangnya dirinya enggan menyebut secara rinci kapan tablet 5G Samsung itu akan dihadirkan.

“Kita tunggu saja sebentar lagi. Yang jelas 5G itu kan bukan soal kecepatan saja. Ada ekosistem lainnya yang juga bisa merasakan manfaatnya. Dan kita punya semua ekosistem yang ada untuk bisa merasakan 5G,” tandas Khing Seng.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads