alexametrics

Intel Ingin Sembuhkan Penderita Lumpuh dengan Teknologi AI

11 Oktober 2019, 17:24:47 WIB

JawaPos.com – Teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah banyak digunakan dalam bidang kesehatan. Raksasa System on Chip (SoC) Intel pun tidak mau ketinggalan. Mereka berambisi untuk membuat penderita kelumpuhan kembali bergerak.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Intel pada Jumat (11/10), keinginan Intel menyembuhkan kelumpuhan dilakukan dengan menggandeng peneliti dari Brown University, Amerika Serikat (AS). Mereka telah menyusun sebuah proyek yang bertujuan untuk mengembalikan gerakan dan kontrol kandung kemih kepada pasien yang telah lumpuh karena cedera terkait sumsum tulang belakang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sementara tubuh manusia dapat menumbuhkan dan menyembuhkan bagian-bagian tertentu dari dirinya sendiri.

Meski bagian-bagian tertentu tubuh manusia dapat menyembuhkan dirinya sendiri, ada bagian yang tidak dapat meregenerasi serabut saraf yang terputus. Itu berarti bahwa impuls listrik yang dikirim dari otak tidak akan dapat mencapai otot untuk dapat membuat mereka bergerak.

Dengan proyek penelitian ini, mereka berharap bisa menggunakan AI untuk membantu impuls listrik dari otak untuk merangsang saraf yang terputus. Dengan demikian, penderitanya diharapkan bisa kembali berkomunikasi secara real-time.

Menurut David Borton, asisten profesor teknik di Brown University, cedera tulang belakang adalah cedera yang sangat parah dan sedikit yang diketahui tentang bagaimana sirkuit yang tersisa di sekitar cedera dapat dimanfaatkan untuk mendukung rehabilitasi dan pemulihan fungsi yang hilang.

Solusi dengan AI gabungan nantinya akan mengungkap pengetahuan baru tentang sumsum tulang belakang dan mempercepat inovasi menuju terapi baru.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads