alexametrics

Pengguna Netflix Ternyata Suka Berbagi Password

11 Januari 2019, 19:50:56 WIB

JawaPos.com – Tayangan video on demand dan live streaming memang begitu populer belakangan ini. Malahan saat ini juga bermunculan aplikasi-aplikasi video on demand yang bisa digunakan pemirsanya baik secara gratis atau berlangganan premium semisal Netflix.

Netflix sendiri diketahui memang bisa digunakan oleh sejumlah device sekaligus secara bersamaan hanya dengan satu akun. Hal tersebut memang tergantung pada paket berlangganan yang diambilnya. Namun belakangan, karena bisa digunakan di lebih dari satu device, banyak pihak menyalahgunakannya dengan berbagi password. Hal tersebut tentunya bisa digunakan oleh orang lain yang tidak ikut berlangganan untuk menikmati layanan Netflix.

Bicara soal berbagi password di platform video on demand seperti Netflix, sebentar lagi mungkin sudah tidak akan bisa dilakukan. Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Jumat (11/1), perusahaan teknologi, Synamedia, telah mengungkapkan sistem baru berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk menindak kegiatan berbagi akun. Termasuk Netflix.

netflix, netflix berbagi password, netflix password
Ilustrasi: Mengintip password. (Getty)

Sistem dari Synamedia dikatakan bakal menggunakan machine learning untuk menemukan kata sandi bersama pada layanan video on demand termasuk Netflix, HBO, dan masih banyak lagi. Synamedia mengungkapkan teknologi baru tersebut pada konferensi teknologi di Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung sepanjang minggu ini.

Berbicara pada acara tersebut, Jean Marc Racine, Chief Product Officer di Synamedia, mengatakan, berbagi password menjadi terlalu mahal untuk diabaikan. “Solusi baru kami memberi operator kemampuan untuk mengambil tindakan. Banyak pengguna biasa akan dengan senang hati membayar biaya tambahan untuk layanan bersama premium,” katanya demikian.

Menurutnya, Synamedia adalah cara yang bagus untuk menjaga kejujuran seseorang daripada mereka harus berbagi password dengan risiko keamanan yang tinggi. “Ini adalah cara yang bagus. Menjaga orang tetap jujur sambil mengambil manfaat dari aliran pendapatan tambahan,” imbuhnya.

Synamedia sekarang telah mulai menguji coba sistem dan nantinya sistem tersebut akan menawarkan akses ke layanan streaming seperti Netflix.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Pengguna Netflix Ternyata Suka Berbagi Password