alexametrics

Telkomsel dan 3 Catat Kenaikan Trafik Selama Libur Lebaran

10 Juni 2019, 13:55:58 WIB

JawaPos.com – Operator telekomunikasi, Telkomsel dan Hutchison 3 Indonesia (3), mencatatkan kenaikan trafik selama musim mudik dan libur Lebaran 2019. Telkomsel mengklaim telah mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran tahun ini menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat 12,3 persen jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini juga mengalami kenaikan, yakni sekitar 49,8 persen. Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00.00 hingga 06:00 atau pada saat sahur. Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0 persen dibandingkan hari normal. Kemudian diikuti wilayah Jawa Barat sebesar 31,2 persen dan Jawa Timur sebesar 26,9 persen.

Penggunaan layanan data pada momen Lebaran tercatat meningkat signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo, dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya, Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial (medsos) mencapai 30,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7 persen. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 persen disusul 7,7 persen untuk layanan Google Service terhadap penggunaan layanan data.

Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube. Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram.

“Untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, kami juga telah memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 Ibu Kota atau Kabupaten di mana 97 persen telah menjangkau ibu kota kecamatan, sehingga 93 persen populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel,” jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Sementara untuk 3, menikmati layanan streaming dan live video pada beragam aplikasi konten video dan memicu terjadinya lonjakan trafik di layanan video streaming hingga 40 persen. Secara umum, terjadi lonjakan trafik di jaringan 3 khususnya di layanan data meningkat lebih dari 40 persen dibanding hari biasa dan terjadi mulai H-10 bersamaan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih, dan berlanjut Idul Fitri.

Kepadatan dan lonjakan trafik di jaringan 3 diakui tidak menimbulkan kendala yang berarti. Hal tersebut lantaran 3 telah melakukan langkah antisipasi sehigga layanan dapat beroperasi dengan baik.

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat mengiringi perjalanan mudik dan liburan pelanggan dengan akses internet andal dari 3 Indonesia. Kami telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G/4,5G Pro untuk membantu dan memudahkan pelanggan mengabadikan dan membagikan momen spesial secara real-time selama perayaan Idul Fitri dan masa liburan ini, serta kembali ke kota asal dengan selamat,” ujar Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung.

Mirip dengan Telkomsel, aktivitas video streaming yang dilakukan oleh pelanggan 3 mayoritas menggunakan aplikasi YouTube, Instastory, dan Live Report Instagram serta fitur Live Report Facebook. Aktivitas streaming ini menunjukkan sambutan positif pelanggan 3 atas produk kartu AMIPro (Anak Muda Indonesia) yang memberikan unlimited akses ke YouTube dan VIU.

Selain itu, pembelian mobile games juga meningkat sebesar lebih dari 100 persen dan mendorong kenaikan trafik Mobile Legend hingga 155 persen. Pelanggan 3 juga aktif bermedia sosial Facebook dan Instagram serta menyampaikan salam Idul Fitri pada aplikasi pesan WhatsApp yang melonjak sekitar 35 persen. Lonjakan trafik layanan data tertinggi terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik, yaitu Jogjakarta, Purworejo, Brebes, Jombang, dan Blora.

Pihak 3 menyebut telah mempersiapkan jaringan untuk mengiringi pelanggan mudik ke kampung halaman hingga ke pelosok Indonesia untuk merayakan Idul Fitri 1440 H. Wujud komitmen 3 ditandai dengan perluasan jangkauan jaringan internet handal berteknologi 4G/4,5GPro hingga ke lebih dari 10.000 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota dan kabupaten.

Optimalisasi juga disebut telah dilakukan di jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik sesuai anjuran dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu jalur kereta api Solo – Jogjakarta – Semarang; rute Jakarta – Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol; jalur perjalanan darat Jakarta – Merak – Palembang; serta kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, dan Padang.

Sementara Telkomsel dan 3 telah mencatat kenaikan trafik data selama musim Lebaran, operator telekomunikasi selular lainnya belum memberikan data tersebut. Sebut saja XL Axiata, Indosat, dan Smartfren yang masih belum memberikan data ihwal trafik selama periode libur Lebaran.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads