alexametrics

Fitur-fitur Utama Unreal Engine 5, Janjikan Grafis Memukau

9 April 2022, 04:09:52 WIB

JawaPos.com – Cukup lama dinanti-nanti, Epic Games akhirnya merilis perangkat lunak Unreal Engine 5 (UE5) kepada publik dan para pengembang. Setelah dua tahun lamanya hanya diperkenalkan fitur serta diperlihatkan sajian demo animasi perangkat terbaru itu, mesin game tersebut akhirnya diluncurkan.

Dengan peluncuran UE5, kini para pengembang atau developer game, film, maupun penggemar animasi dari level independen hingga kelas AAA sudah dapat langsung mengeksplorasi kemampuan UE5.

Selain itu, bersamaan dengan rilisnya Unreal Engine 5, Epic Games juga menghadirkan dua proyek sampel: the Lyra Starter Game dan City Sample dari film The Matrix Awakens. Keduanya merupakan produk dari UE5 yang memperlihatkan potensi dalam perangkat untuk dioptimalkan.

Pada akhir Desember lalu, developer Fortnite pun memutuskan untuk hijrah menggunakan mesin game dari Epic ini. Mengutip informasi resmi yang dibagikan Epic, UE5 menjanjikan banyak fitur-fitur baru.

Salah satu fitur utama yang dihighlight adalah Rendering real-time generasi terbaru. Dengan fitur ini, Unreal Engine 5 memperkenalkan berbagai fitur inovatif untuk melakukan rendering terhadap real-time world dengan detail dan ketelitian yang luar biasa.

Pertama adalah Lumen, solusi iluminasi global yang sangat dinamis, yang dengan ini pengembang dapat menciptakan scene yang menarik, di mana pencahayaan tidak langsung akan beradaptasi secara cepat terhadap perubahan pencahayaan langsung atau geometri, misalnya, mengubah sudut matahari sesuai waktu, menyalakan lampu senter, atau membuka pintu luar.

Dengan Lumen, pengembang tidak lagi harus membuat berbagai lightmap Ultraviolet (UV), menunggu lightmaps sampai baking, atau menempatkan reflection captures. Pengembang cukup membuat dan mengedit light di dalam Unreal Editor dan melihat lightning final yang sama dengan yang akan dilihat pemain Anda saat game atau pengalaman dijalankan di platform target.

Tidak ketinggalan, sistem geometri micropolygon tervirtualisasi milik UE5 terbaru, Nanite, yang memberi pengembang kemampuan untuk membuat games dan pengalaman dengan detail geometris yang masif.

Kemudian, UE5 juga memungkinkan pengembang untuk mengimpor langsung source art berkualitas film yang mengandung jutaan polygon mulai dari ZBrush sculpts hingga pemindaian fotogrametri serta menempatkannya jutaan kali, sambil tetap mempertahankan kecepatan gambar secara real time, tanpa kehilangan ketepatannya dan banyak lagi keunggulan lainnya.

Fitur berikutnya adalah Toolset Open World Terbaru. Salah satu yang menjadi highlights UE5 adalah Open Worlds yang dijanjikan menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih kolaboratif untuk tim dengan berbagai skala. Dengan Unreal Engine 5, sistem World Partition baru mengubah bagaimana level dikelola dan dikirimkan, sehingga secara otomatis membagi dunia menjadi sebuah grid dan mengirimkan sel-sel yang diperlukan.

Para anggota tim kini juga bisa bekerja secara bersamaan di kawasan yang sama di World yang sama tanpa saling bersinggungan, berkat sistem One File Per Actor (OFPA) yang baru. Sementara dengan Data Layers, Anda bisa membuat variasi berbeda dari world yang sama – seperti versi siang dan malam, atau geometri yang utuh atau terpisah – karena layer ada di ruang yang sama.

Ada juga beberapa fitur baru yang bisa pengembang gunakan untuk menyesuaikan animasi yang sedang berjalan, untuk mengimbangi skenario gameplay yang berbeda – seperti kecepatan atau medan yang berbeda – untuk penampilan yang nampak realistis dan mendalam seperti Motion Warping dan banyak lagi.

Fitur-fitur berikutnya UE5 antara lain:

– In-editor Modeling, Pengeditan dan Pemrosesan UV

– UI Editor dan Workflow yang Disempurnakan dan

– Mesin audio yang sepenuhnya prosedural

Rekomendasi Sistem untuk Unreal Engine 5

– Windows 10 64-bit, quad-core Intel or AMD, 2.5 GHz or faster, 8 GB RAM
macOS Big Sur, quad-core Intel, 2.5 GHz or faster, 8 GB RAM

– Linux Ubuntu 18.04, quad-core Intel or AMD, 2.5 GHz or faster, 32 GB RAM

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini: