alexametrics

Perempuan Dominasi Hampir Setengah dari Bisnis Alibaba

9 Maret 2019, 13:04:57 WIB

JawaPos.com – Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat, (8/3) kemarin. Alibaba Group merilis data tentang bagaimana kehadiran E-Commerce telah membuka kesempatan ekonomi yang lebih inklusif bagi pengusaha perempuan.

Data Alibaba Group tahun 2018 menunjukkan tiga hal menarik. Pertama, Alibaba Group dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com mengatakan, hampir setengah pengusaha yang berbisnis di ekosistem Alibaba Group adalah perempuan.

jack ma, alibaba, bisnis, perempuan,
Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat, (8/3) kemarin. Alibaba Group merilis data tentang bagaimana kehadiran E-Commerce telah membuka kesempatan ekonomi yang lebih i (Alibaba)

“Terdapat 1,38 juta pengusaha perempuan yang tergabung dalam ekosistem Alibaba, atau 49,25 persen dari total seluruh pengusaha yang berbisnis di ekosistem Alibaba Group. Dari jumlah total pengusaha perempuan tersebut, sebanyak 54,53 persen adalah para perempuan muda berusia 22-23 tahun,” beber pihak Alibaba Group.

Data lebih jauh menyebut bahwa para pengusaha perempuan bahkan mendominasi marketplace AliExpress dibandingkan rekan pengusaha pria, yaitu sebesar 53,67 persen. Di awal pendirian Taobao tahun 2003, 60 persen gerai online dimiliki pengusaha perempuan.

Mulai tahun 2005, proporsinya semakin berimbang antara pria dan wanita, namun pengusaha perempuan masih mendominasi kepemilikan gerai online di sektor apparel, kosmetik dan perawatan bayi.

Kehadiran platform E-Commerce juga diklaim telah memberdayakan kaum perempuan di wilayah pedesaan, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Alibaba Group memaparkan bahwa pengusaha perempuan di wilayah pedesaan yang berjualan di ekosistem Alibaba Group berhasil membukukan penjualan sebesar CNY 13,2 miliar.

Tak hanya penjual, konsumen perempuan di pedesaan terpencil atau miskin juga disebut memberikan kontribusi yang tinggi. Tercatat perempuan di kategori tersebut membeli produk senilai CNY 30,3 miliar dari ekosistem Alibaba Group.

Selain itu, riset Alibaba Group juga mengungkap kalau para pengusaha perempuan di ekosistem Alibaba memiliki kepedulian kepada sesama yang lebih tinggi. Sebagai contoh, pemilik gerai online perempuan di Taobao, salah satu marketplace Alibaba bahkan mendonasikan CNY 73,6 juta melalui inisiatif penjualan untuk amal ‘Goods for Good’, di mana sebagian dari keuntungan didonasikan untuk kegiatan kemanusiaan.

Laporan dari lembaga riset yang diinisiasi Jack Ma, pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group, ini juga menyimpulkan bahwa teknologi digital bisa membuka lebih banyak kesempatan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif secara merata. Termasuk bagi pengusaha perempuan, penyandang disabilitas dan mereka yang berlokasi di wilayah terpencil.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Rian Alfianto

Close Ads
Perempuan Dominasi Hampir Setengah dari Bisnis Alibaba