alexametrics

Keunggulan Chip Snapdragon 865 yang Baru Diluncurkan Qualcomm

7 Desember 2019, 20:34:47 WIB

JawaPos.com – Qualcomm Technologies Inc, anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated baru saja memperkenalkan Snapdragon 865 Mobile Platform terbaru. Chip tersebut diklaim menggabungkan sistem Modem-RF 5G dengan platform mobile tercanggih di dunia yang dirancang untuk konektivitas dan kinerja perangkat flagship generasi berikutnya.

Platform terbaik di kelasnya, Qualcomm Snapdragon X55 5G Modem-RF System memberikan kecepatan maksimal hingga 7,5 Gbps, lebih cepat daripada sebagian besar koneksi kabel dan meningkatkan pengalaman seluler. Qualcomm AI Engine generasi ke-5 yang terkemuka dan Qualcomm Sensing Hub terbaru hadir pada chip ini dan disebut memberikan lebih banyak kecerdasan serta personalisasi dari sebelumnya.

Snapdragon 865 juga didukung Qualcomm Spectra 480 Image Signal Processor (ISP) yang sangat cepat, menghadirkan fitur baru untuk fotografi dan videografi ponsel berkat kecepatan gigapixel hingga 2 gigapixel per detik. Gamers dapat menggunakan Snapdragon untuk bermain di level tertinggi dengan serangkaian fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming baru untuk pengalaman bermain game berkualitas desktop dan grafik yang sangat nyata (ultra-realistic).

CPU Qualcomm Kryo 585 dan GPU Qualcomm Adreno 650 terbaru disebut memberikan hingga 25 persen peningkatan kinerja dan grafis secara keseluruhan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini memastikan kekuatan pemrosesan yang unggul untuk generasi selanjutnya dari perangkat flagship.

“Snapdragon 865 mendukung konektivitas dan fitur 5G tercanggih di dunia, meningkatkan standar atas tuntutan terhadap sebuah perangkat seluler,” kata Alex Katouzian, Vice President dan General Manager untuk Mobile, Qualcomm Technologies, Inc. dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Chip flagship Qualcomm Snapdragon 865 terbaru. (Istimewa)

Soal keunggulan, seperti sudah disinggung di atas, Snapdragon 865 dikatakan sebagai platform mobile 5G tercanggih yang pernah ada. Snapdragon X55 5G Modem-RF System yang dimilikinya adalah solusi modem-to-antenna 5G komersial pertama di dunia yang memberikan kecepatan yang konsisten dan sangat cepat diberbagai kondisi (kecepatan puncak hingga 7,5 Gbps).

Pendekatan RF-Modem System yang komprehensif memungkinkan teknologi canggih seperti Qualcomm 5G PowerSave, Qualcomm Smart Transmit, Qualcomm Wideband Envelope Tracking, dan Qualcomm Signal Boost dapat membantu memberikan peningkatan pada jangkauan dan kecepatan data. Termasuk dukungan penggunaan baterai yang hemat sehingga dapat digunakan seharian.

Solusi global 5G ini mendukung semua wilayah dan band utama termasuk mmWave dan sub-6 dalam frekuensi TDD dan FDD. Ditambah lagi, perangkat ini kompatibel dengan mode non-standalone (NSA) dan standalone (SA) bersama dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS), kemampuan yang memungkinkan 5G untuk beroperasi dalam spektrum 4G agar lebih mulus, roaming 5G global, dan dukungan untuk multi-SIM.

Selain konektivitas 5G, Snapdragon 865 mendefinisikan ulang kinerja Wi-Fi 6 dan pengalaman audio bluetooth melalui subsistem konektivitas Qualcomm FastConnect 6800. Inovasi fitur Wi-Fi 6 yang luas membantu pengguna untuk memanfaatkan kecepatan tinggi (mendekati 1,8 Gbps) dan latensi rendah. Terutama di lingkungan yang ramai dengan banyak perangkat yang bersaing dalam satu jaringan.

FastConnect 6800 juga di antara yang pertama yang mendapatkan Wi-Fi Certified 6 oleh Wi-Fi Alliance. Pengenalan Qualcomm aptX Voice menjadikan Snapdragon 865 sebagai platform mobile pertama yang secara nirkabel mendukung suara Super Wide Band (SWB) melalui Bluetooth untuk level audio yang amat jernih.

Selain itu, keunggulan yang ditawarkan Qualcomm melalui chip flagship barunya itu adalah mesin kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang baru. Chip ini juga menawarkan Image Signal Processor (ISP) kecepatan gigapixel. User nantinya dapat merekam dengan kualitas 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna, merekam video 8K, atau mengambil foto besar berukuran 200 MP.

Dan sekarang, untuk pertama kalinya di perangkat ponsel, kemampuan pengambilan video Dolby Vision untuk menciptakan rekaman HDR 4K yang brilian yang siap tayang untuk layar lebar. Bersamaan dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-5, kecepatan gigapixel ISP diklaim dapat dengan cepat dan cerdas mengidentifikasi latar belakang, orang, dan objek yang berbeda, sehingga mereka dapat dilihat secara individual atau terpisah untuk foto yang benar-benar dapat disesuaikan.

Pada sisi gaming, Snapdragon 865 membuka fitur-fitur premium yang baru pertama kali ada dalam perangkat seluler untuk menghadirkan pengalaman gaming yang sangat mulus dengan kualitas grafis tertinggi dari Snapdragon Elite Gaming.

Snapdragon 865 juga menjadi platform mobile pertama di Android yang mendukung Desktop Forward Rendering. Hal ini memungkinkan pengembang game membawa pencahayaan dan efek pasca pemrosesan kualitas desktop sehingga menciptakan tingkat realisme baru untuk game di ponsel.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads