alexametrics

Minecraft Jadi Program Studi di Universitas di Tiongkok

7 Juli 2022, 10:39:39 WIB

JawaPos.com – Minecraft menjadi salah satu game paling populer di dunia yang dikembangkan oleh Mojang Studios. Dalam game ini, pemain akan membuat dan memecahkan berbagai jenis balok di dunia tiga dimensi.

Minecraft sendiri sangat populer dan selalu berhasil memikat gamers di hampir semua kelompok umur. Atas popularitasnya, baru-baru ini NetEase mengumumkan kolaborasi dengan Universitas Xiamen Tiongkok yang memungkinkan siswa belajar tentang Minecraft melalui kursus e-Optional.

Universitas Xiamen merupakan lembaga pendidikan di Tiongkok yang telah meluncurkan kursus universitas baru untuk belajar tentang Minecraft bekerja sama dengan NetEase yang mengelola penerbitan game di negara tersebut. Ini akan didanai oleh sponsor pemerintah yang berfokus pada pendidikan. Inisiatif ini diumumkan oleh perusahaan di Weibo pada 22 Juni lalu.

Mengapa Minecraft? Dikutip dari Gaming on Phone, Minecraft sangat terkenal terutama di kalangan pelajar karena potensi kreatifnya. Game ini dikatakan selalu berkomitmen untuk pengembangan ekosistem pengembang.

Nantinya, program studi opsional ini akan membuat Minecraft lebih dari sekadar game. Para mahasiswa atau peserta didik akan diajak untuk membuat konten melalui meja kerja pengembangan Minecraft untuk berinvestasi dalam program User Generated Content atau UGC.

Dalam kursus opsional ini, yang dikenal sebagai studi kasus desain interaktif , para siswa akan belajar bagaimana menerapkan semua jenis ide liar dengan bantuan beberapa studi kasus Minecraft. Seorang desainer game Minecraft dari NetEase juga akan ditunjuk sebagai instruktur selektif untuk mengajari siswa cara mengoperasikan alat pengeditan resmi dalam game.

Menurut NetEase, Universitas Xiamen tidak akan menjadi satu-satunya universitas yang berkolaborasi dengan Minecraft dan mereka berencana untuk memiliki lebih banyak universitas yang bergabung dengan inisiatif mereka di masa depan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: