alexametrics

Tak Hanya IPhone, E-SIM Smartfren Kini Bisa Dipakai Pengguna Android

7 Juni 2020, 07:15:10 WIB

JawaPos.com – Smartfren meluncurkan embedded sim card (E-SIM) untuk smartphone berbasis Android awal Juni ini. Sebelumnya, E-SIM Smartfren hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone terbaru saja.

Untuk teknologi E-SIM, Smartfren sendiri boleh dibilang menjadi operator seluler (opsel) pertama di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi tersebut. Sementara di luar, beberapa negara justru sudah akrab dengan teknologi kartu SIM ponsel non-fisik itu.

Smartfren E-SIM Android saat ini sudah dapat digunakan bagi pelanggan Smartfren yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy S20, S20 Plus, S20 Ultra, Samsung Galaxy Fold dan Samsung Galaxy Z Flip. Dengan menggunakan E-SIM, pengguna Smartfren dapat mengakses jaringan Smartfren tanpa menggunakan SIM Card fisik.

“Hadirnya Smartfren E-SIM untuk smartphone Android merupakan bukti bahwa Smartfren terus berinovasi menghasilkan layanan terbaik bagi pelanggannya. Pertengahan tahun lalu, Smartfren pertama kali menghadirkan E-SIM untuk pengguna berbasis iOS dan saat ini untuk pengguna berbasis Android sudah dapat dapat menikmati E-SIM,” kata Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Business di Jakarta.

Sukaca menambahkan, dengan menggunakan E-SIM, pelanggan masih dapat menggunakan SIM Card fisik untuk nomor lain. Dengan E-SIM, pelanggan dapat menikmati Dual SIM 4G dengan koneksi yang lebih stabil.

Untuk cara mengaktifkan E-SIM Smartfren di perangkat Samsung Galaxy S20, S20+l Plus, S20 Ultra, Samsung Galaxy Fold dan Samsung Galaxy Z Flip juga mudah. Pertama, masuk ke menu pengaturan dan pilih koneksi.

Pastikan pengguna terhubung dengan internet atau menggunakan koneksi WiFi. Pilih Pengelola Kartu SIM, pilih Tambahkan paket seluler dan perangkat akan otomatis mencari jaringan. Selanjutnya pilih Tambahkan menggunakan QR Code dan setelah itu ada permintaan untuk scan QR Code, dan pindai QR Code yang ada di kartu perdana E-SIM Smartfren.

Kemudian Tambahkan paket seluler baru. Aktifkan paket seluler baru. Pastikan profil E-SIM sudah muncul di paket seluler dan smartphone Android kamu untuk perangkat Samsung sudah bisa digunakan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads