alexametrics

AMD Ungkap Jajaran Chip Terbarunya, Apa Saja?

7 Januari 2022, 13:54:06 WIB

JawaPos.com – Pabrikan semikonduktor AMD resmi mengungkapkan jajaran CPU terbarunya. Ini termasuk AMD Ryzen seri 6000 yang diklaim punya performa lebih baik untuk menopang perangkat mobile (laptop).

Total, ada 20 prosesor AMD Ryzen 6000 Series baru dengan grafis terintegrasi yang dikenalkan AMD melalui acara daring. Chip ini diklaim paling bertenaga yang tersedia untuk perangkat notebook.

Kemudian, ada juga tiga pengolah grafis atau GPU AMD Radeon RX 6000S Series baru. Buat perangkat gaming, GPU anyaran ini dikatakan telah dioptimalkan untuk laptop gaming tipis dan ringan serta lima GPU AMD Radeon RX 6000M Series baru untuk laptop gaming premium.

Lagi, ada juga kartu grafis desktop Radeon RX 6500 XT dan Radeon RX 6400 baru untuk gaming 1080p yang mengesankan. Kartu grafis ini disebut membawa pembaruan teknologi pintar AMD yang dirancang untuk meningkatkan performa dan memperpanjang daya tahan baterai pada laptop AMD Advantage.

“Kami sangat senang memulai tahun dengan meluncurkan lebih dari 30 prosesor baru yang mendorong batasan komputasi performa tinggi untuk setiap segmen pasar PC,” kata CEO AMD Lisa Su melalui tayangan daring.

Selain itu, dengan banyaknya chip baru yang diungkap, dia melanjutkan, yahun 2022 tampaknya menjadi tahun yang sangat kuat bagi industri PC dan AMD. “Prosesor Ryzen dan Radeon terbaru kami secara signifikan memperluas penawaran produk unggulan kami, menghadirkan performa lebih baik, fitur baru, dan pengalaman berbeda bagi para gamer, kreator, dan profesional,” lanjut Su.

AMD mengharapkan lebih dari 200 laptop premium baru bertenaga AMD untuk para konsumen, gamer dan profesional akan tersedia dari penyedia PC terkemuka di tahun 2022, termasuk lebih dari 20 laptop AMD Advantage baru yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming on-the-go terbaik di kelasnya.

Dalam acara livestream juga diperkenalkan prosesor desktop Ryzen 7 5800X3D prosesor PC pertama di industri yang menampilkan chiplet 3D-stacked untuk menghadirkan peningkatan performa gaming yang signifikan bagi konsumen.

Su juga membagikan preview prosesor desktop AMD Ryzen 7000 Series yang akan datang dimana direncanakan untuk diluncurkan pada paruh kedua tahun 2022 dengan arsitektur CPU AMD 5 nm “Zen 4” generasi berikutnya dan platform Socket AM5 baru, yang menampilkan soket LGA dan mencakup dukungan untuk PCI-Express 5.0, memori DDR5, dan banyak lagi.

Untuk prosesor AMD Ryzen 6000 Series sendiri diyakini memperkuat komitmennya dalam kepemimpinannya di pasar notebook, AMD mengumumkan prosesor AMD Ryzen 6000 Series, dibangun di atas arsitektur core “Zen 3+” 6 nm yang sangat efisien, dan termasuk grafis terintegrasi berbasis arsitektur AMD RDNA 2 untuk menyediakan prosesor mobile Ryzen tercepat yang pernah ada.

Hadir juga keluarga baru prosesor AMD Ryzen adalah prosesor AMD Ryzen 6000 U-Series, yang dioptimalkan untuk memberikan perpaduan sempurna antara performa dan efisiensi pada notebook tipis dan ringan, dan prosesor AMD Ryzen 6000 H-Series, yang merupakan solusi untuk gaming dan laptop kreator.

Dengan prosesor Ryzen 6000 Series, AMD menyebut pihaknya bakal menghadirkan platform laptop yang terhubung dengan konektivitas dan fitur baru, termasuk Wifi 6E, Bluetooth 5.2 dengan audio LE, PCI Gen 4, dan memori LPDDR5.

OEM notebook terkemuka di dunia, termasuk ASUS, HP dan Lenovo, akan membawa sistem bertenaga Prosesor Mobile AMD Ryzen 6000 Series ke pasar mulai Februari 2022, dengan 200 sistem diharapkan akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Sementara itu, kartu grafis AMD Radeon RX 6000M yang diperluas juga diyakini akan menghadirkan performa gaming luar biasa untuk laptop premium generasi berikutnya. Jajaran grafis mobile AMD Radeon RX 6000S yang baru dioptimalkan untuk menghadirkan gaming performa tinggi yang hemat daya pada laptop gaming yang sangat tipis dan ringan.

Untuk PC desktop, kartu grafis AMD Radeon RX 6500 XT dan Radeon RX 6400 dirancang untuk menciptakan pengalaman gaming 1080p yang luar biasa untuk judul AAA dan esports populer dapat dimainkan oleh lebih banyak gamer.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: