alexametrics

D-Link Kenalkan Perangkat Router yang Mendukung 5G

7 Januari 2019, 12:46:00 WIB

JawaPos.com – Teknologi 5G digadang-gadang bakal mengudara 2019 ini. Meski belum ada yang komersil, namun kini mulai banyak vendor teknologi bersiap diri menyambut hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima itu. Salah satunya adalah D-Link.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman TechSpot, Senin (7/1), D-Link dikabarkan siap menyambut teknologi 5G dengan perangkat router-nya yang mendukung teknologi tersebut. Perangkat router D-Link yang mendukung 5G itu adalah DWR-2010 5G NR. Router ini dikabarkan bakal diumumkan secara resmi saat pameran teknologi tahunan Consumers Electronics Show (CES) 2019 beberapa hari mendatang.

Router D-Link DWR-2010 5G NR diketahui berbasis modem Qualcomm X55. Router DWR-2010 dirancang untuk plug and play. Setelah diaktifkan dan terhubung ke jaringan 5G (jika itu tersedia di wilayah kamu), router ini diklaim mampu menerima bandwidth sebesar 3 Gbps. Angka tersebut dikatakan lebih dari 40 kali lipat lebih cepat dari kemampuan broadband rata-rata di Amerika Serikat (AS) yang saat ini berada di kecepatan 70 Mbps.

D-Link Router 5G, Router 5G D-Link, teknologi 5G
Ilustrasi: Jaringan 5G. (Istimewa)

Sebagai antisipasi jaringan 5G yang belum konsisten saat diluncurkan, DWR-2010 disebut kompatibel dengan spesifikasi 5G mmWave untuk bandwidth 800 Mhz dan 2×2 MIMO dan spesifikasi sub-6Ghz yang mendukung bandwidth 100 Mhz dan 4×4 MIMO. Router tersebut juga mendukung VoLTE dan kompatible dengan D-Link Wifi Mesh system yang dikatakan dapat memudahkan user untuk mendistribusi jaringan di seluruh rumah. Selain itu, router juga mendukung opsi kustomisasi untuk penyedia layanan bersama dengan manajemen jarak jauh.

Seperti kami singgung di awal, hingga saat ini belum ada pihak yang menggunakan 5G secara komersil. Kalaupun sudah ada (yang menggunakan 5G), hal tersebut sifatnya masih berupa uji coba. Termasuk di Indonesia.

Untuk perangkat smartphone pun demikian. Beberapa vendor kenamaan seperti Apple, Samsung, dan raksasa Tiongkok lainnya pun masih terus bersiap diri menyambut teknologi 5G. Diperkirakan, teknologi 5G akan mulai terasa manfaatnya secara luas dan dapat digunakan di level perorangan pada awal 2020 mendatang dan akan semakin luas tahun-tahun selanjutnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
D-Link Kenalkan Perangkat Router yang Mendukung 5G