alexametrics

Pertama Dalam Sejarah, Pendapatan Facebook Menurun

6 Agustus 2022, 18:29:58 WIB

JawaPos.com – Sejak meluncur dan terkenal lebih dari 10 tahun lalu, nama Facebook terus meroket. Hal ini tentunya berdampak pada naiknya angka pengguna, fitur dan monetisasi yang digencarkan yang ujung-ujungnya adalah cuan yang melimpah.

Nggak pernah ada sejarah Facebook gagal memenuhi target revenue atau pendapatannya. Namun pada kuartal dua (Q2) kali ini, Facebook justru dilaporkan mengalami penurunan pendapatan.

Dikutip dari Cnet, Facebook melaporkan penurunan pertama pendapatan tahunan di kuartal kedua 2022-nya. Perusahaan media sosial terbesar di dunia ini mengumumkan bahwa mereka mengalami penurunan pendapatan sebesar satu persen menjadi USD 28,8 miliar atau setara dengan Rp 430,7 triliun.

Facebook juga memperkirakan pertumbuhan pendapatan di kuartal ketiga 2022 berpotensi turun lebih banyak lagi. Kemudian, laba keseluruhan untuk perusahaan induknya yang kini bernama Meta juga dilaporkan turun 36 persen menjadi USD 6,7 miliar pada kuartal 2 2022.

Sementara Divisi Reality Labs yang bertanggung jawab mengembangkan metaverse kehilangan USD 2,8 miliar pada kuartal 2 2022. Penurunan pertama dalam pertumbuhan pendapatan Facebook dan Meta ini sudah diperkirakan oleh analis di Wall Street.

“Kami tampaknya telah memasuki penurunan ekonomi yang akan berdampak luas pada bisnis periklanan digital,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam panggilan telepon dengan para analis. “Selalu sulit untuk memprediksi seberapa dalam atau berapa lama siklus ini akan terjadi, tetapi saya akan mengatakan bahwa situasinya tampaknya lebih buruk daripada seperempat yang lalu,” imbuh Mark Zuckerberg.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: