alexametrics

Kurangi Emisi, Peneliti Rancang Bahan Bakar Pesawat Netral Karbon

6 Agustus 2022, 12:31:43 WIB

JawaPos.com – Sektor penerbangan diketahui merupakan salah satu penyumbang emisi karbon yang tidak sedikit. Sektor ini dilaporkan bertanggung jawab atas sekitar lima persen emisi antropogenik global yang juga turut menyebabkan perubahan iklim.

Hal ini karena bahan bakar yang digunakannya. Pesawat memang sangat bergantung pada minyak mentah, atau bahan bakar jet, yang merupakan bahan bakar hidrokarbon cair yang biasanya berasal dari minyak mentah.

Untuk mengatasi hal tersebut, menekan angka emisi yang dihasilkan dari padatnya penerbangan di seluruh dunia, para ilmuwan terus putar otak. Dikutip dari DesignBoom, peneliti internasional di ETH Zurich mengklaim telah menemukan cara untuk memproduksi bahan bakar penerbangan menggunakan air, karbon dioksida (CO2), dan sinar matahari.

Tim telah merancang menara all-in-one yang menggunakan energi matahari untuk menghasilkan alternatif sintetis untuk bahan bakar yang berasal dari fosil seperti minyak tanah dan solar. Menurut penciptanya, bahan bakar yang dihasilkan adalah karbon-netral , berkelanjutan, dan sepenuhnya kompatibel dengan infrastruktur penerbangan yang ada untuk pengiriman, penyimpanan, dan penggunaan di mesin jet.

Meski perangkat hanya dapat mengubah sekitar empat persen energi matahari menjadi bensin saat ini, tim mengklaim mereka mencoba meningkatkan efisiensi ini hingga lebih dari 15 persen. Dengan menara inovatif mereka, tim peneliti ingin mengubah ini dan menggerakkan sektor penerbangan selangkah lebih dekat untuk menjadi netral karbon.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: