alexametrics

Sedang Diuji Coba, Semua Video di Instagram Bakal Tampil di Reels

6 Juli 2022, 11:40:21 WIB

JawaPos.com – Ambisi Instagram untuk bersaing dengan TikTok semakin terlihat dengan platform tersebut terus berupaya merilis fitur-fitur baru yang digunakan untuk memikat pengguna. Terbaru, Instagram dikabarkan sedang menjajal lagi sebuah fitur yang akan semakin menguatkan langkahnya untuk mepet TikTok.

Sesuai tangkapan layar yang diposting ke Twitter oleh jurnalis teknologi senior, Matt Navarra, Instagram telah mulai menguji setiap video yang diposting ke Instagram sebagai Reel sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih besar di Instagram dan Facebook.

Instagram tak menampik bahwa mereka memang sedang menguji coba fitur terbaru. Melalui sebuah email ke TechCrunch, juru bicara Meta menyampaikan bahwa benar mereka memang sedang menguji fitur tersebut.

“Kami sedang menguji fitur ini sebagai bagian dari upaya kami untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman video di Instagram,” kata juru bicara Meta.

Sebagai pengingat, Instagram Reels pertama kali diluncurkan di Amerika (AS) pada Agustus 2020 lalu. Dengan fitur baru yang menyajikan format video pendek ini, langsung saja Instagram mendapat eksposure dan tanggapan yang positif dari pengguna.

Tangkapan layar tersebut menunjukkan bahwa “Postingan video sekarang dibagikan sebagai Reel.” Instagram berharap dengan mengarahkan semua video ke Reels, video akan mendapatkan lebih banyak interaksi, tersedia efek video, musik dapat ditambahkan, dan video dapat di-remix menjadi Reel baru.

Meski sudah mengamini kalau mereka sedang menguji fitur baru, masih belum jelas detail lainnya terkait fitur ini seperti apa. Juga tidak jelas apa yang akan terjadi pada video yang sudah ada yang dipublikasikan ke Instagram, dan apakah pengguna masih diizinkan untuk mempublikasikan video hingga 10 menit (atau hingga 60 menit pada akun terverifikasi) atau tidak.

Namun demikian, hampir setahun yang lalu, Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa Instagram “bukan lagi aplikasi berbagi foto” karena perusahaan telah mengalihkan fokusnya ke “pembuat, video, belanja, dan pengiriman pesan”.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: