alexametrics

Sempat Terganggu, Layanan Internet Telkom dan Telkomsel Kembali Normal

5 November 2019, 14:23:04 WIB

JawaPos.com – Pelanggan layanan telekomunikasi Telkom dan Telkomsel sempat mengeluhkan gangguan terkait akses internet. Gangguan dirasakan sejak Selasa (5/11) pagi. Saat gangguan timbul, sejumlah pelanggan Telkomsel mengaku tidak lancar dalam berselancar internet seluler, baik dalam jaringan 4G LTE maupun 3G. Sementara untuk pelanggan Telkom dalam hal ini user jaringan fiber optik Telkom IndiHome mengaku kesulitan dan mengalami pelambatan internet Wi-Fi.

Gangguan layanan Telkom dan Telkomsel bahkan sampai memunculkan trending topik di Twitter. Pada platform media sosial (medsos) tersebut, konsumen menyampaikan keluhannya ke akun resmi @Telkomsel dan @Telkomcare.

Terkait layanan yang terganggu, pihak Telkom mengamini bahwa telah terjadi gangguan atas akses internet internasional TelkomGroup. Arif Prabowo selaku VP Corporate Communication Telkom Indonesia menyampaikan, gangguan sempat terjadi selama 45 menit.

“Terkait adanya gangguan akses internet internasional TelkomGroup, dapat kami informasikan bahwa proses perbaikan telah selesai dilakukan. Gangguan yang sempat terjadi selama 45 menit dapat disolusikan pada pukul 11:10 WIB,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Lebih jauh, dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini semua layanan TelkomGroup sudah pulih. “Saat ini semua layanan TelkomGroup sudah beroperasi normal. Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dialami pelanggan yang terkena dampak gangguan,” sambungnya.

Dia memastikan, proses recovery sudah selesai dilakukan dan pelanggan dapat menggunakan layanan TelkomGroup kembali seperti semula.

Dikonfirmasi secara terpisah, hal yang sama juga disampaikan oleh pihak Telkomsel. VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyatakan, sejak Selasa (5/11) pagi memang telah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu.

Saat ini, dirinya memastikan akses layanan internet kembali normal. “Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan,” ujarnya kepada JawaPos.com melalui pesan singkat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads