alexametrics

Seperti di Instagram, Video Call WA Bakal Bisa Pakai Filter Avatar 3D

5 Juli 2022, 15:54:37 WIB

JawaPos.com – Banyak produsen dan aplikasi saat ini menawarkan avatar virtual untuk pengguna. Namun sayangnya, hal ini tidak terjadi dengan WhatsApp, tetapi kesalahannya mungkin akan segera diperbaiki.

Situs WABetaInfo yang selalu memberikan berita pertama terkait layanan pesan instan tersebut menegaskan Meta, induk perusahaan WhatsApp akan mengembangkan fitur Avatar 3D. Fitur ini kabarnya sudah dikembangkan sejak Maret lalu.

Kendati sudah diungkap WABetaInfo, masih belum jelas fitur Avatar seperti apa yang akan digunakan oleh WhatsApp, karena tidak ada gambar yang mewakili mereka yang bocor. Namun, banyak pihak berspekulasi, fitur ini akan seperti karakter animasi seperti yang bisa dilihat pada Instagram saat melakukan panggilan video.

WABetaInfo juga menampilkan video call saat kamera depan smartphone dinonaktifkan. Opsi “Beralih ke Avatar” menunjukkan bahwa pengguna dimungkinkan untuk menempatkan karakter virtual alih-alih wajah kita.

Jika fitur ini benar akan hadir di WhatsApp, hal tersebut jelas tidak mengherankan. Pasalnya, Meta memang sudah menawarkan beberapa fitur serupa untuk membuat karakter dalam citranya, tetapi ini hanya muncul sebagai stiker dan tidak memiliki animasi.

Untuk saat ini, WhatsApp belum memberikan tanggapan tentang bocoran ini. Tetapi jika akan ada avatar, tidak diragukan lagi bahwa Meta akan mengumumkannya dengan sangat meriah, mengingat ini adalah visual yang baru.

Selain itu, saat ini, WhatsApp memang sedang berbenah. Layanan ini terus mengembangkan fiturnya dari waktu ke waktu. Misalnya, sekarang pengguna dimungkinkan untuk menyembunyikan gambar profil dan terakhir dilihat dari orang tertentu atau meninggalkan grup tanpa memberi tahu semua peserta.

Namun, aplikasi tersebut tetap menjadi pusat perhatian sehubungan dengan perlindungan data pribadi sehingga Eropa telah menuntut klarifikasi tentang kebijakan baru layanan yang diberlakukan pada tahun 2021 lalu.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: