alexametrics

NASA Bangun Reaktor Nuklir untuk Dukung Eksplorasi di Bulan

5 Juli 2022, 18:36:30 WIB

JawaPos.com – NASA selangkah lebih dekat untuk menyelesaikan tenaga nuklir sekitar 238.900 mil jauhnya dari Bumi. Badan Aeronautika dan Ruang Angkasa Amerika Serikat (AS) itu telah memilih tiga proposal konsep desain untuk sistem tenaga permukaan fisi yang akan ditempatkan di Bulan.

Harapannya adalah reaktor nuklir akan menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan rover, melakukan eksperimen, dan membantu mendukung kehidupan di sana untuk keperluan eksplorasi. Para ilmuwan mengatakan bahwa konsep untuk teknologi akan menguntungkan eksplorasi masa depan di bawah payung Artemis dan akan siap diluncurkan pada akhir dekade ini.

NASA menjelaskan, kontrak tersebut mendanai pengembangan konsep desain awal untuk sistem tenaga fisi kelas 40-kilowatt yang direncanakan untuk bertahan setidaknya 10 tahun di lingkungan bulan dan masing-masing bernilai sekitar USD 5 juta atau berkisar Rp 74,3 miliar lebih.

Sebagai gambaran, kekuatan 40 kilowatt listrik cukup untuk menjalankan 30 rumah tangga selama sepuluh tahun terus menerus tanpa henti. Laboratorium Nasional Idaho Departemen Energi akan memberikan kontrak 12 bulan kepada perusahaan-perusahaan berikut untuk masing-masing mengembangkan desain awal:

– Lockheed Martin dari Bethesda, Maryland – Perusahaan akan bermitra dengan BWXT dan Creare.

– Westinghouse of Cranberry Township, Pennsylvania – Perusahaan akan bermitra dengan Aerojet Rocketdyne.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: