alexametrics

Respons Serangan ke Ukraina, Spotify Tutup Kantornya di Rusia

5 Maret 2022, 20:10:37 WIB

JawaPos.com – Platform layanan streaming audio Spotify mengumumkan telah menutup kantor cabangnya di Rusia tanpa batas waktu yang ditentukan. Aksi penutupan ini dikatakan merupakan sikap Spotify atas invasi Rusia ke Ukraina.

Dikutip dari Variety, Sabtu (5/3), Spotify baru saja membuka kantor perwakilan di Moskow bulan lalu. Hal tersebut merupakan syarat bagi perusahaan seperti Spotify menaati undang-undang baru Rusia.

Undang-undang ini mengharuskan perusahaan teknologi asing dengan audiens lebih dari 500.000 pengguna untuk mendirikan kantor di negara itu pada 2022. Undang-undang tersebut relatif baru sehingga sebagian besar perusahaan lain yang terkena dampak seperti Meta, Twitter, dan Telegram belum mematuhinya.

Selain Spotify, perusahaan lainnya seperti TikTok, dan Apple juga telah membuka kantor di Rusia. Meski mengumumkan menutup sementara kantornya, pengguna di Rusia masih dapat mengakses Spotify.

“Kami pikir sangat penting untuk mencoba menjaga layanan kami tetap beroperasi di Rusia untuk memungkinkan aliran informasi global,” menurut pernyataan yang diberikan kepada Variety oleh juru bicara Spotify.

Selain itu, Spotify juga akan menarik RT dan Sputnik News, media lokal Rusia dari platformnya. Keduanya disebut sebagai sumber berita yang didanai Kremlin dengan audiens global yang besar dan terafiliasi oleh pemerintah Rusia.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: