Tak Banyak Diketahui, Piala Dunia 2022 Dibekali Teknologi Canggih Ini

4 Desember 2022, 19:49:48 WIB

JawaPos.com – Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar diketahui bertabur teknologi canggih. Selain teknologi yang tertanam di berbagai stadion yang menjadi tempat pertandingan, teknologi juga tertanam pada bola bahkan sampai ke tangan penonton.

Pasalnya, orang-orang yang menghadiri Piala Dunia FIFA di Qatar tidak perlu khawatir melewatkan semua statistik pemain yang mereka lihat saat menonton pertandingan di TV. Hal ini bisa dicapai berkat aplikasi FIFA+ yang punya fitur Augmented Reality (AR) yang memungkinkan penggemar untuk melihat tayangan ulang VAR dan sudut kamera alternatif.

FIFA mengatakan bahwa hanya orang yang menghadiri pertandingan secara langsung yang dapat mengakses Pengalaman Stadion FIFA+. Berdasarkan sebuah video yang banyak beredar di media sosial, terlihat pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ponsel mereka ke lapangan.

Kemudian, hamparan akan muncul yang memungkinkan mereka melihat pemain dari dekat dan mengetuk informasi untuk melihat hal-hal seperti kecepatan gerakan dan peta panas individu.

Selain itu, replay VAR juga dimungkinkan bagi mereka yang berada di stadion, tetapi tidak jelas mengapa wasit membuat keputusan tertentu. Menjelang gol kemenangan Jepang melawan Spanyol pada hari Kamis, tampak seolah-olah bola keluar dari lapangan.

Wasit awalnya menganulir gol tersebut tetapi membatalkan keputusan setelah VAR menunjukkan bahwa bola tetap dalam batas. Memiliki opsi untuk melihat tayangan ulang VAR di ponsel mereka jelas membantu para fans yang hadir memahami panggilan tersebut, terutama jika mereka melewatkannya di layar lebar.

Selain itu, hamparan AR terlihat rapi dan dapat menambah pengalaman bermain game bagi sebagian orang. Mengingat sakralnya gelaran Piala Dunia, hadirnya teknologi-teknologi pendukung tadi jelas memberi pengalaman tersendiri bagi para pemain dan penonton.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads