alexametrics

Berdasar Survei Google, Banyak Kata Sandi Pengguna Internet Lemah

4 November 2021, 17:55:37 WIB

JawaPos.com – Melalui survei terbarunya, Google menyebut kalau hampir dua dari tiga pengguna internet di Indonesia pernah mengalami pelanggaran data pribadi atau mengenal orang yang pernah mengalaminya.

Parahnya lagi, lebih dari 92 persen responden yang disurvei mengaku memiliki kebiasaan online yang kurang aman. Menurut penelitian tanggung jawab digital yang baru ini, mereka juga membagikan sandi kepada orang lain, menggunakan sandi yang sama untuk berbagai layanan, dan membuat sandi yang mudah ditebak atau lemah.

Dilakukan atas permintaan Google oleh agensi riset pasar YouGov pada September, penelitian ini menyurvei lebih dari 13.000 responden di 11 pasar Asia untuk mempelajari kebiasaan digital yang kurang aman dan membantu meningkatkan perhatian untuk lebih berhati-hati menjelang hari belanja tahunan terbesar, 11.11.

Pada periode ini, aktivitas berbelanja online dapat meningkat hingga 20 persen, sehingga lebih banyak orang akan rentan terkena penipuan.

“Ada 89 persen pengguna masih mempertahankan menggunakan sandi lemah,” ujar Product Marketing Manager Google Indonesia, Amanda Chan dalam acara virtual Shop Safer with Google, Rabu (3/11).

Amanda melanjutkan, ada 79 persen responden di Indonesia menggunakan sandi yang sama untuk beberapa situs, dengan 2 dari 5 orang mengaku melakukannya untuk hingga 10 situs yang berbeda. Di antara kelompok ini, 40 persen mengatakan bahwa mereka bertindak demikian karena khawatir tidak bisa mengingat sandi mereka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads