alexametrics

Update Firmware, Kamera Sony Alpha 1 Dapat Kemampuan Perekaman 8K

4 Juli 2022, 14:05:31 WIB

JawaPos.com – Sony mengumumkan pembaruan firmware v1.3 untuk kamera andalannya, Alpha 1 full-frame mirrorless interchangeable lens. Dengan pembaruan firmware yang sudah bisa diinstal ini akan menambahkan perekaman 8K 4:2:2 10bit serta S, M, dan L dalam RAW terkompresi lossless untuk foto.

Menggunakan kapabilitas 8K 4:2:2 10bit yang baru ditambahkan, para pembuat film dan sinematografer dapat lebih menyesuaikan vibrancy dan colour grading dari hasil perekaman. Dikombinasikan dengan 8.6K oversampling dari Alpha 1 untuk menghasilkan resolusi 8K yang luar biasa, perekaman 4:2:2 10bit yang baru ditambahkan memungkinkan pembuat film dan konten untuk merealisasikan visi kreatifnya dengan realisme serta warna yang luar biasa.

Pembaruan firmware ini juga turut menambahkan Lossless Compressed RAW files dalam ukuran file Small, Medium, dan Large. Dengan memilih ukuran L, pengguna dapat mempertahankan kualitas gambar yang sama seperti format RAW yang belum dikompres sembari mengurangi ukuran file secara signifikan.

Ukuran M dan S merekam piksel yang lebih sedikit dibanding ukuran L, hal ini memberikan file RAW yang lebih dapat diatur. Dengan Alpha 1 v1.3, pengguna dapat secara bebas mengkombinasikan JPEG dan pilihan Lossless Compressed RAW berdasarkan kegunaannya.

“Hal ini sangat menguntungkan kebutuhan pengguna untuk menghasilkan file JPEG dengan cepat, namun tetap membutuhkan file RAW untuk in-depth editing,” ujar pihak Sony melalui keterangannya.

Pembaruan firmware v2.1 baru untuk kamera full-frame mirrorless dengan interchangeable lens dari Sony, Alpha 7S III, juga tersedia untuk diunduh segera. Hal yang terpenting, pembaruan terbaru ini mencakup pengenalan perekaman proxy selama koneksi komputer jarak jauh dan peningkatan kinerja Eye AF (autofokus).

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: