alexametrics

Teknologi Canggih ini akan Dipakai Deteksi Offside di Piala Dunia 2022

4 Juli 2022, 19:42:58 WIB

JawaPos.com – FIFA telah mengumumkan bahwa teknologi offside semi-otomatis akan digunakan di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar mulai 21 November mendatang. Dengan dukungan teknologi ini, pihak official diklaim akan mendapat hasil lebih cepat, lebih akurat mengenai kemungkinan offside yang dilakukan pemain.

Menyusul keberhasilan penggunaan teknologi VAR di FIFA World Cup 2018 di Rusia, Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan dalam The Vision 2020-23 bahwa FIFA akan berusaha untuk memanfaatkan potensi penuh teknologi dalam sepak bola dan lebih meningkatkan VAR.

“Dalam tiga tahun berikutnya, FIFA memang terus menjadi yang terdepan dalam teknologi permainan. Dengan bekerja sama dengan Adidas dan berbagai mitra, dan terutama dengan kelompok kerja untuk keunggulan inovasi dan penyedia teknologi,” ujarnya dikutip dari laman resmi FIFA, Senin (4/7).

Teknologi baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari masing-masing pemain, 50 kali per detik, menghitung posisi pasti mereka di lapangan. Sebanyak 29 titik data yang dikumpulkan mencakup semua anggota badan dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan offside.

Selain itu, Al Rihla, bola pertandingan resmi adidasuntuk Qatar 2022 juga akan memberikan elemen penting lebih lanjut untuk mendeteksi insiden offside yang ketat karena sensor unit pengukuran inersia (IMU) akan ditempatkan di dalam bola.

Sensor ini, diposisikan di tengah bola, mengirimkan data bola ke ruang operasi video 500 kali per detik, memungkinkan deteksi titik tendangan yang sangat tepat. Dengan menggabungkan data pelacakan tungkai dan bola serta menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini disebut bisa memberikan peringatan offside otomatis kepada official pertandingan video di dalam ruang operasi video, setiap kali bola diterima oleh penyerang yang berada dalam posisi offside pada saat itu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: