alexametrics

Gagal Capai Target Tahunan, CEO Ubisoft Potong Gajinya Sendiri

4 Juli 2022, 09:24:59 WIB

JawaPos.com – Di satu ekosistem kerja, pemimpin harus bisa jadi role model bagi pegawai-pegawainya. Hal inilah yang ingin dibuktikan CEO Ubisoft, Yves Guillemot.

Dikutip dari The Gamer, karena perusahan yang dipimpinnya gagal memenuhi target dan performa keuangan tahunan, Guillemot dengan lapang hati memotong gajinya sendiri. Secara sukarela, pucuk tertinggi perusahaan pengembang dan studio game ini memilih mengurangi gajinya karena kinerja keuangan perusahaannya gagal mencapai target.

Guillemot bahkan dikabarkan melakukan aksi potong gajinya sendiri hingga 30 persen jumlahmya setelah target perusahaan pengembang serial game Assassin’s Creed itu tidak tercapai beberapa waktu lalu.

Hal ini tercatat dalam Universal Registration Document Ubisoft. Di laporan tersebut, Guillemot akan mengalami pemotongan gaji sebesar 30 persen tahun ini, atau USD 326 ribu atau sekitar Rp 4,8 miliar.

Informasi ini ada dalam cetakan kecil dokumen. Menariknya lagi, catatan ini secara diam-diam digambarkan sebagai keputusan ketua dan CEO atau atas keputusan Guillemot sendiri.

“Ini adalah keputusan pribadi oleh Yves Guillemot. Hal ini dia ambil mengingat bahwa perusahaan belum mencapai target keuangan yang telah dikomunikasikan secara publik ke pasar,” jelas seorang perwakilan Ubisoft mengatakan kepada Axios.

Pemotongan gaji ini berasal dari Ubisoft yang kehilangan target keuangannya untuk tahun ini, dengan laba operasi turun 14 persen dan pemesanan bersih turun 5 persen. Saham Ubisoft juga telah kehilangan hampir setengah nilainya dari sekitar waktu ini pada tahun 2020, tahun dimana Ubisoft diguncang oleh beberapa skandal pelecehan seksual.

Meskipun skandal itu masih menghantui Ubisoft, kurangnya judul game yang nendang di pasaran juga turut memperburuk situasi keuangan Ubisoft. Meski demikian, langkah Guillemot dinilai sebuah keputusan bijak dan patut dicontoh oleh anak buahnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: