alexametrics

Apple Umumkan iOS 13 Banyak Fitur Baru, iPad Kini Punya OS Sendiri

4 Juni 2019, 17:18:02 WIB

JawaPos.com – Hajatan tahunan pertemuan para pengembang Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2019 resmi digelar di San Jose, California, Amerika Serikat (AS), pada Senin (3/6) waktu setempat. Gelaran tersebut dimanfaatkan Apple untuk unjuk sistem operasi (OS) iOS terbarunya. Dia adalah iOS 13.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman resminya, iOS 13 diklaim membawa sejumlah pembaruan yang menarik. “IOS 13 menghadirkan kemampuan baru untuk aplikasi yang Anda gunakan setiap hari. Banyak pembaruan pada Foto dan Peta, serta fitur perlindungan privasi seperti Masuk dengan Apple, semuanya memberikan kinerja yang lebih cepat,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior Apple untuk teknik perangkat lunak.

“Kami sangat senang memberikan kejutan ke pelanggan dengan yang akan terjadi pada iPhone musim gugur ini dan tidak dapat menunggu mereka untuk melihat betapa hebatnya segala sesuatu terlihat dalam Mode Gelap,” lanjutnya.

Sistem operasi (OS) iOS 13 terbaru. (Apple)

Bicara fitur, mengamini rumor yang beredar sebelumnya, iOS 13 pada akhirnya benar membawa fitur Dark Mode. Yang kami maksud adalah kini semua aplikasi yang dibuat Apple telah mendukung tampilan mode gelap tersebut. Mode gelap diyakini membuat mata pengguna semakin nyaman dan tidak cepat lelah.

Selain mode gelap, ada juga fitur gesture control yang baru. Fitur gerakan baru ini memungkinkan user untuk membatalkan atau mengembalikan entri teks dengan tiga jari. Untuk ini, user harus menggesek ke kiri atau ke kanan.

Ada juga mode mengetik dengan swipe baru yang disebut Jalur Cepat. Selain itu, beberapa entri dalam daftar atau tabel sekarang juga dapat dipilih dan didrag dengan beberapa jari. Mirip dengan apa yang mungkin pada Finder di macOS dengan mouse atau trackpad.

Yang tak kalah penting lainnya adalah Apple juga memperkenalkan cara baru yang lebih privat dan sederhana untuk masuk ke aplikasi dan situs web. Pengguna dapat menggunakan ID Apple mereka untuk mengautentikasi dan Apple akan melindungi privasi pengguna dengan menyediakan pengembang dengan ID acak unik.

iPad kini punya OS sendiri, iPad OS. (Apple)

Seperti sudah disinggung di atas soal foto, Apple turut pula memperbarui tampilan aplikasi Photos dan melengkapinya dengan machine learning untuk membuang foto yang terduplikasi. Menariknya lagi, Apple menghadirkan fungsi pengeditan foto dan video. Pada pengeditan video, pengguna juga nantinya bisa menambahkan highlights, shadows, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan noise reduction.

Fitur tambahan lainnya yang hadir di iOS 13 adalah Reminder, Pesan, Siri dan Siri Shortcut, CarPlay, HomePod, AirPods, Voice Control, Notes, QuickPath, TextEditing, Files, Health, Location Service, Performance Improve, serta Face ID Unlock dengan kemampuan lebih cepat.

Untuk saat ini, OS iOS 13 yang dikenalkan adalah versi pengembang dan tidak tersedia untuk umum. Bagi kamu yang ingin menjajalnya harus menunggu versi public beta hingga akhir bulan ini. Sementara untuk iOS 13 versi final akan tersedia beberapa bulan lagi di iPhone 6s ke atas.

Selain iOS 13, Apple dalam gelaran tersebut juga mengumumkan tablet mereka, iPad, yang kini memiliki OS sendiri. Dia adalah iPad OS. iPad OS dibangun di atas fondasi yang sama dengan iOS. Namun Apple menambah kemampuan baru sehingga memaksimlkan kemampuan iPad. Sama seperti iOS 13, iPad OS terbaru juga mendapatkan beberapa sentuhan tambahan yang akan memaksimalkan pengalaman pengguna.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads