alexametrics

Samsung Patenkan Desain Anyar Tablet Lipat, Begini Tampilannya

3 Desember 2019, 11:33:14 WIB

JawaPos.com – Samsung Electronics kembali mengajukan paten desain soal perangkat masa depannya yang menarik untuk ditunggu. Masih terkait ‘lipat-melipat’, kali ini Samsung mematenkan bentuk perangkat yang kemungkinan akan menjadi tablet lipat.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari LetsGoDigital, Senin (2/12), paten desain terbaru Samsung didaftarkan di Den Haag International Design System pada 9 Mei 2019 lalu. Paten yang disebut ‘ponsel’ itu telah disetujui pada 15 November 2019 dan termasuk di antaranya menunjukkan deskripsi singkat dengan disertai sekitar 35 gambar.

Gambar-gambar ini menunjukkan bahwa ada tiga model yang setidaknya berbeda satu sama lain. Garis lipatan tidak semuanya berada di tengah-tengah model.

paten dan render desain Samsung terbaru soal tablet lipat. (LetsGoDigital).

Dimulai dari model pertama, yang menjadi dasar sebagian besar gambar. Render yang dirancang LetsGoDigital berdasarkan sketsa paten juga didasarkan pada model ini. Tablet smartphone lipat ini memiliki garis lipat tepat di tengah.

Desainnya berbeda dari Galaxy Fold saat ini dan dari lipatan clamshell yang sedang berkembang. Perangkat baru ini mungkin bisa digambarkan sebagai telepon lipat luas. Pengguna nantinya dapat melipat perangkat secara horizontal kemudian menciptakan layar fleksibel yang cukup lebar dan panjang ketika dibuka.

Ponsel Samsung yang dapat dilipat serupa dipatenkan pada Agustus. Namun kali ini, tidak ada tampilan depan yang tersedia. Ada kemungkinan bahwa Samsung telah memilih ini untuk menekan biaya, sehingga produk dapat ditempatkan di pasaran lebih murah. Karena layar depan tidak ada, desain ini lebih mirip tablet daripada ponsel.

Meskipun demikian, perangkat ini tidak diragukan lagi akan dilengkapi dengan semua fungsi yang juga dimiliki smartphone. Bukan tanpa alasan Samsung menyebut paten ‘Ponsel’. Bagaimanapun, sangat mengejutkan bahwa layar depan tidak ada. Yang sama mencoloknya adalah tidak adanya kamera.

paten dan render desain Samsung terbaru soal tablet lipat. (LetsGoDigital).

Tidak adanya kamera yang terlihat pada desain ini mengindikasikan kemungkinan Samsung ingin menyediakan ponsel lipatnya ini dengan kamera di bawah layar. Kemungkinan besar juga bahwa ponsel pertama dengan kamera di bawah layar akan diperkenalkan 2020 mendatang.

Setelah ponsel dibuka, layar fleksibel yang besar akan terbuka. Tepi layar proporsional pada keempat sisi yang berkontribusi pada desain ramping.

Engsel paten perangkat lipat Samsung ini memiliki desain yang identik dengan Galaxy Fold saat ini. Namun perangkat ini tampaknya melipat lebih jauh. Berdasarkan gambar terlampir, perangkat terlipat sepenuhnya tanpa celah. Hal ini tampaknya untuk menghindari debu dan kotoran yang bisa masuk.

Selain itu, beberapa gambar menunjukkan bahwa user nantinya juga dapat meletakkan perangkat, kemudian dapat menggunakan bagian layar yang lebih rendah sebagai keyboard. Sementara tampilan konten pada bagian atas layar.

Ada juga dua speaker ditampilkan di bagian atas dan bawah (total 4). Itu dua kali lipat dari yang dimiliki Galaxy Fold saat ini, satu speaker dipasang di bagian atas dan bawah dan sama-sama berfungsi sebagai speaker stereo.

paten dan render desain Samsung terbaru soal tablet lipat. (LetsGoDigital).

Model yang dipatenkan kedua pada dasarnya memiliki desain yang sama. Namun, kali ini, garis lipat tidak sepenuhnya di tengah. Dengan cara ini user mendapatkan perangkat yang sama sekali berbeda saat meletakkan perangkat.

Bagian bawah layar jauh lebih kecil, tetapi cukup besar untuk menampilkan keyboard. Jadi pengguna nantinya memiliki area layar yang lebih besar untuk menampilkan konten seperti halaman internet atau aplikasi Microsoft Office.

Pada model ketiga, garis lipat telah bergeser lebih jauh dan membuat perangkat jauh lebih kecil saat dilipat. Garis lipat tampaknya berfungsi secara eksklusif sebagai posisi untuk dapat meletakkan tablet.

Pada paten ketiga memiliki layar yang cukup lebar, sebanding dengan laptop. Perangkat ini dikatakan sebagai masa depan laptop yang menjanjikan portabilitas.

Sumber: LetsGoDigital

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads