alexametrics

Twitter Tumbang di Sejumlah Negara, Indonesia Kena juga

2 Oktober 2019, 17:19:21 WIB

JawaPos.com – Twitter dilaporkan tumbang pada Rabu (2/10) sore ini. Platform media sosial (medsos) down di sejumlah negara termasuk sempat dirasakan di Indonesia.

Laman DownDetector menyebut, Twitter mulai bermasalah sekira pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.22 WIB. Ada sebanyak lebih dari 1.130 laporan masuk terkait gangguan fitur di medsos berlogo burung biru itu. Laporan datang dari berbagai negara.

Pihak Twitter mengamini platform-nya memang sedang mengalami gangguan. Hal tersebut disampaikan juru bicara Twitter melalui cuitan di akun resmi @TwitterSupport.

“Kami tengah mengalami masalah pada Twitter dan TweetDeck. Anda mungkin mengalami kesulitan saat ingin mencuitkan status, mendapat notifikasi, atau sulit melihat pesan langsung (direct message). Kami sedang memperbaiki masalah ini dan akan segera kembali normal,” demikian cuitan Twitter.

Kembali merujuk ke laman DownDetector, berdasarkan peta terdampaknya, laporan eror Twitter paling banyak berasal dari Jepang. Yokohama menjadi kota yang paling banyak melaporkan gangguan Twitter di Jepang dengan 4.171 laporan.

Ada juga sebanyak 46 laporan datang dari Indonesia. Paling banyak pengguna mengalami kesulitan saat mengakses Twitter melalui website. Di Indonesia atau tepatnya Jakarta, pengguna juga banyak melaporkan Titter eror.

Selain terbanyak dilaporkan eror dari Jepang, kemudian turut pula dirasakan di Indonesia, laporan juga datang dari negara lain. Yakni, Inggris, Perancis, Thailand, Spanyol, Jerman, Swedia, dan Finlandia yang turut merasakan dampak Twitter down.

Dari total laporan, sebanyak 53 persen di antaranya mengalami kesulitan saat mengakses di website Twitter. Sementara 30 persen dikeluhkan oleh pengguna iOS dan 20 persen pengguna Android.

Sementara berdasarkan pantauan JawaPos.com di platform tersebut, kami masih kesulitan untuk melakukan refresh feed atau timeline Twitter. Kalaupun bisa, hasil yang ditampilkan tidak relevan dengan rentang waktunya.

Sebelumnya malahan sejumlah pengguna mengeluhkan mereka tidak bisa masuk ke akun Twitter. Ketika hendak memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi, muncul notifikasi ‘ada kesalahan teknis’ sehingga tidak bisa masuk ke media sosial itu.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads