alexametrics

Waspada, Software Mata-mata Hermit Incar Pengguna iOS dan Android

2 Juli 2022, 13:00:53 WIB

JawaPos.com – Pada pekan lalu, para peneliti keamanan siber dunia menemukan adanya serangan spyware atau software mata-mata dari Italia bernama Hermit. Mengerikan lagi, spyware ini langsung menyerang ponsel Android dan iOS yang merupakan perangkat genggam paling banyak digunakan saat ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Grup Analisis Ancaman (TAG) Google, kampanye spyware canggih mendapatkan bantuan dari penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) untuk mengelabui pengguna agar mengunduh aplikasi berbahaya.

Temuan menguatkan penemuan sebelumnya dari kelompok riset keamanan Lookout, yang telah menghubungkan spyware, yang dijuluki Hermit ke vender spyware Italia RCS Labs. Lookout mengatakan RCS Labs berada di jalur yang sama dengan NSO Group dan menjajakan spyware komersial ke berbagai lembaga pemerintah.

Via TheVerge, para peneliti di Lookout percaya Hermit telah dikerahkan pemerintah Kazakhstan dan otoritas Italia. Sejalan dengan temuan ini, Google telah mengidentifikasi korban di kedua negara dan mengatakan akan memberitahu pengguna yang terdampak.

Seperti yang dijelaskan dalam laporan Lookout, Hermit adalah ancaman modular yang dapat mengunduh kemampuan tambahan dari server perintah dan kontrol (C2). Ini memungkinkan spyware untuk mengakses catatan panggilan, lokasi, foto, dan pesan teks di perangkat korban.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: