alexametrics

Laporan Baru Ungkap Papan Iklan Digital Ternyata Memata-matai Manusia

1 Desember 2019, 10:13:02 WIB

JawaPos.com – Era serbadigital seperti saat ini segala aspek perlu bertransformasi, tak terkecuali industri periklanan. Media iklan saat ini pun beragam. Dari konvensional hingga yang paling canggih dengan membaca perilaku manusia lewat bantuan mesin.

Untuk cara canggih menggunakan bantuan mesin, terungkap bahwa sebuah papan iklan atau reklame digital ternyata bisa memata-matai manusia di sekitarnya. Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari ConsumerReports via Ubergizmo, Minggu (1/12), laporan baru terungkap bahwa papan iklan digital yang biasa terpasang di sekitar gedung-gedung bertingkat atau di area publik bisa saja mengintai pergerakan orang di sekitarnya.

Saat kamu berjalan melewati papan iklan digital yang berada di sisi gedung, kemungkinan kamu tidak terlalu memikirkannya, tapi mungkin kini kamu harus menyadarinya. Dalam laporan dari Consumer Reports, terungkap bahwa papan iklan digital ini benar-benar melacak kita di kehidupan nyata, juga membawa beberapa bagian internet yang lebih mengganggu ke jalanan.

Sama buruknya seperti iklan di internet yang mengandalkan cookie untuk melacak apa yang kita lakukan, papan iklan digital di jalan-jalan juga saat ini demikian.

Menurut Frank O’Brien, CEO sebuah platform periklanan bernama Five Tier, mengungkapkan bahwa papan iklan digital ini dilengkapi dengan sensor dan teknologi yang dapat digunakan pada Nomor ID khusus dari ponsel cerdas yang banyak beredar kini. Perangkat tersebut bekerja saat manusia berjalan di sekitar papan iklan digital.

Berdasarkan hal itu, iklan dapat memberi tahu pengiklan yang ada di sekitar area dan jenis iklan apa yang harus ditampilkan. Jika kamu saat melihat papan iklan yang menampilkan iklan berpikir bahwa ini dirotasi secara acak atau terjadwal, laporan ini menunjukkan bahwa itu mungkin tidak selalu terjadi.

Berdasarkan data yang dimata-matai oleh papan iklan digital, pengiklan kemudian menggunakannya untuk menentukan jenis iklan apa yang akan diputar di suatu daerah pada waktu tertentu dalam sehari.

Tak hanya ditampilkan saat itu juga, lebih parahnya lagi bahkan mungkin iklan akan menyebar ke akun media sosial kamu. Perusahaan yang menampilkan iklan di papan iklan digital ini mungkin ‘menindaklanjuti’ dengan menampilkan iklan terkait pada feed media sosial kamu.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa ternyata praktik-praktik ini tidak sepenuhnya baru. Diketahui bahwa para pengiklan atau agensi iklan di belakang papan iklan digital sudah menggunakannya sejak lama namun kini pertumbuhan dan popularitas praktik demikian dikatakan mulai mengkhawatirkan.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads