alexametrics

Kominfo Sebut Game Online Steam Sedang Siapkan Dokumen Daftar PSE

1 Agustus 2022, 07:34:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan Steam menunjukkan komitmen untuk mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE). Ini menjawab keresahan pengembang game lokal yang merilis game di platform tersebut.

“Untuk (pengembang game lokal) yang distribusi lewat Steam, kami minta tunggu sebentar. Kami sudah ada komunikasi dengan Steam, mereka sedang menyiapkan pendaftaran,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, saat jumpa pers virtual, Minggu (31/7).

Kominfo seperti diketahui memblokir platform game online Steam sejak 29 Juli karena tidak mendaftar PSE sampai batas waktu yang diberikan. Pemblokiran ini tidak hanya meresahkan bagi konsumen, terutama yang sudah membayar biaya berlangganan, tapi juga pengembang game lokal.

Sejumlah game buatan pengembang lokal dirilis di Steam, antara lain Dreadout, She and The Light Bearer, dan Coffee Talk.

Diblokirnya Steam juga menimbulkan masalah baru karena sejumlah game sudah mendaftar sebagai PSE, namun tetap tidak bisa dimainkan karena tersedia di platform tersebut. Semuel mengatakan sejak diblokir, Steam berkirim surat kepada mereka dan berkomitmen untuk mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik.

“Kita tunggu, mudah-mudahan cepat bisa mendaftar,” kata Semuel.

Semuel juga meminta maaf kepada pengembang game karena kendala ini. “Mohon maaf untuk pengembang dan pemain game karena masih ada kendala, mereka (Steam) sedang melengkapi dan berkomitmen untuk segera mendaftar,” kata Semuel.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: