alexametrics

Samsung Galaxy A03 Core, Lebih Pas untuk Pengguna Baru

29 Januari 2022, 09:01:11 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah mulai melemparkan wacana tentang penghapusan jaringan 3G. Hal ini lantaran jaringan 3G sudah dianggap tua karena teknologi jaringan seluler saat ini sudah sampai generasi kelima atau 5G. Selain itu, penetrasi jaringan 4G juga boleh dikatakan hampir merata di seluruh penjuru Indonesia. Hal ini bisa terjadi dengan serangkaian program pemerintah menggandeng opsel dan swasta mulai dari membangun jaringan tulang punggung Palapa Ring, BTS USO dan program pemerataan digital lainnya.

Selain kepada akses jaringan, peredaran perangkat ponsel yang mendukung 4G juga bisa dikatakan mudah dijangkau. Merek-merek yang ada saat ini getol melakukan penetrasi pasar sampai ke daerah-daerah terpencil.

Smartphone Android saat ini juga sudah murah-murah dan langsung bisa merasakan pengalaman 4G yang lebih baik dari pada 3G buat berbagai keperluan. Hal ini membuat tidak ada lagi alasan masyarakat bertahan pada perangkat ponsel jadul yang menggunakan 3G, dan mulai bisa melangkah ke perangkat smartphone dengan kualitas jaringan yang lebih baik lagi.

Di kelas Rp 1 jutaan, belum lama ini Samsung merilis Galaxy A03 Core yang cukup bisa jadi pilihan buat yang ingin “hijrah” dari perangkat ponsel feature alias ponsel konvensional ke perangkat smartphone. Galaxy A03 Core meluncur akhir 2021. Penasaran seperti apa pengalaman menggunakan smartphone murah dengan sistem operasi atau OS Android Go yang ringan ini? Berikut ulasannya.

Desain
Samsung Galaxy A03 Core yang berbobot di angka 211 gram terasa solid. Kokoh sebagai handset murah. Ketebalannya sendiri berada di angka 9,1 mm dengan sudut lengkung bodi kiri dan kanan yang juga masih terasa ramah di tangan. Pada area belakang dibuat dengan sentuhan finishing cat yang dibuat kasar layaknya ada taburan pasir.

Gaya pewarnaan seperti ini sebetulnya punya banyak keuntungan. Misalnya, smartphone jadi tampak taft, solid, tidak mudah tergores karena jatuh, dan tidak mudah kotor kena bekas sidik jari pengguna atau pun minyak dari telapak tangan. Namun, dengan sentuhan warna yang gelap, membuat perangkat ini jadi terkesan murahan. Warnanya mati. Pucat, dan tidak keluar auranya.

Pada bagian belakang juga minim sentuhan. Hanya ada area kamera tunggal plus LED Flash Light, dan identitas logo Samsung di bagian tengah bawah perangkat. Di sisi kanan ada tiga tombol fisik. Masing-masing fungsinya yakni tombol volume’Up-Down’, dan tombol pengunci sekaligus tombol power. Pada area kiri, ada slot kartu-kartu buat SIM Card dan memori eksternal.

Pada area muka, Galaxy A03 Core masih tampil dengan gaya layar Infinity-V dengan takik atau notch bergaya tetesan air. Sisanya, ya hanya area layar biasa, layaknya smartphone kebanyakan. Samsung Galaxy A03 Core hadir dengan paket penjualan lengkap (standar ponsel murah).

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads