alexametrics

Review Xiaomi 12 Pro, Kasta Tertinggi Smartphone Xiaomi di Indonesia

24 April 2022, 08:03:32 WIB

JawaPos.com – Sejumlah merek smartphone merilis ponsel baru kelas menengah yang terjangkau di momen Ramadan dan jelang Lebaran. Namun, Xiaomi memilih jalur berbeda. Mereka lebih memilih meluncurkan smartphone flagship. Tak hanya satu, melainkan sekaligus dua.

Handset yang diluncurkan adalah Xiaomi 12 Series yang terdiri dari Xiaomi 12 biasa dan Xiaomi 12 Pro. Kedua seri Xiaomi 12 tersebut hadir membawa keunggulan kamera dan fotografi. Namun, untuk Xiaomi 12 Pro lebih unggul lagi pasalnya smartphone ini boleh dibilang merupakan kasta tertinggi dan yang tercanggih yang pernah dihadirkan Xiaomi di Tanah Air sepanjang kiprahnya.

JawaPos.com berkesempatan menjajal Xiaomi 12 Pro untuk digunakan selama beberapa waktu. Selain performa, handset ini sebagaimana tagline-nya juga banyak kami gunakan untuk mengambil gambar dalam berbagai situasi, berikut ulasannya.

Desain Timeless

Seri angka dari Xiaomi yang sebelumnya dikenal sebagai Mi Series ini dari segi desain menurut kami sukses mempertahankan kemewahan desain seperti seri sebelumnya. Untuk pilihan warna, Xiaomi 12 Pro hadir dengan tiga pilihan warna yakni abu-abu, biru dan ungu. Kami kebagian warna ungu yang semakin memperlihatkan kemewahan desain smartphone ini.

Secara look, smartphone ini tampak familiar desainnya, sebelum era notch atau takik banyak hadir. Hal tersebut bisa dilihat dari segi layar yang mengemas desain edge atau tepian melengkung. Desain seperti ini menurut kami timeless.

Sebelumnya, Samsung banyak menghadirkan desain layar seperti ini sebelum akhirnya membosankan dengan kesan datar, flat dan biasa saja kendati layarnya lebih luas karena mengemas punch hole atau menggunakan notch.

Hal tersebut dikembalikan oleh Xiaomi melalui seri Xiaomi 12 Pro. Serasa nostalgia, layarnya enak dilihat, juga dipakai. Halus, responsive dan tajam.

Perangkat smartphone Xiaomi 12 Pro (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kemewahan juga terasa di bagian belakang, tempat dimana area kamera begitu mendominasi dengan modul square dan satu buah lensa utama yang seolah melotot besar. Kendati demikian, area belakang masih enak dilihat, nggak norak dengan hanya ada satu identitas utama bertuliskan ‘Xiaomi’ yang berkilau, sejajar dengan area kamera.

Tepi kiri dan kanannya juga dibuat agak melengkung dan memiliki bezel yang tipis termasuk area atas dan bawahnya. Desain tersebut membuat genggaman tangan masih terasa nyaman kendati secara ukuran, Xiaomi 12 Pro ini terbilang gambot dengan bentang layar menyentuh 6,73 inci.

Pada bagian bezel, di bagian kiri polos. Sementara pada bagian kanan ada tombol power dan volume ‘Up-Down’. Di atas terdapat infrared untuk Mi Remote dan grill speaker serta merek audio Harman Kardon. Pada bagian bawah, tersedia port USB Type-C slot Dual SIM tanpa tray MicroSD dan lagi-lagi ada grill speaker.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: