alexametrics

Mengadu Teknis Realme 5 Pro dan Vivo S1, Milenial Mau yang Mana?

23 September 2019, 11:27:16 WIB

JawaPos.com – Realme baru-baru ini membesut dua smartphone terbarunya di Indonesia. Perangkat yang diluncurkan brand pecahan Oppo itu adalah Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Di Indonesia, Realme 5 Pro hadir mengisi segmen ponsel dengan harga di bawah Rp 3 jutaan sampai yang termahal Rp 3,6 jutaan. Kehadiran Realme 5 Pro membawa keunggulan utama empat kamera di bagian belakang dengan sensor utama 48 MP Sony IMX586 dan chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE.

Soal Realme 5 Pro dengan keunggulan spesifikasi yang dibawanya, JawaPos.com seperti biasa tertarik membandingkan dengan produk sejenis yang beredar di pasaran dengan rentang harga yang sama. Tidak jauh-jauh, kami tertarik membandingaknnya dengan saudara tua mereka, yakni Vivo yang pada segmen tersebut memiliki handset Vivo S1.

Sebagaimana diketahui, antara Oppo, Vivo, OnePlus, dan yang terbaru Realme, merupakan brand bersaudara dari induknya, BBK Electronics Corporation, perusahaan elektronik multinasional Tiongkok. Oppo, Vivo, dan Realme bermain hampir di segmen yang sama di tanah air.

Nah, artikel ini akan membahas soal perbandingan kedua smartphone, Realme 5 Pro dan Vivo S1. Berikut rangkaian adu teknis selengkapnya.

Performa dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, JawaPos.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami memulai lebih dahulu dari Realme 5 Pro sebagai perangkat yang paling anyar kemudian baru Vivo S1.

Dari sektor dapur pacu, Realme 5 Pro membawa bekal prosesor bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 712 AIE atau Artificial Intelligence Engine. Realme 5 Pro membawa peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 3 Pro, yang hanya membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 710.

Sebagai informasi, Realme 5 Pro dengan jargon ‘Dare to Leap Performance’ hadir dengan Snapdragon 712 yang diproduksi dalam fabrikasi 10 nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Dengan fabrikasi segitu, Realme 5 Pro dapat mencapai kecepatan clock hingga 2,3 GHz atau lebih cepat 10 persen dari handset sebelumnya yang mengusung chip Snapdragon 710. Performa prosesornya masih dipadupadankan dengan pengolah grafis atau GPU Adreno 616.

Mendukung keandalan perangkat, Realme 5 Pro hadir dengan pilihan RAM/ROM masing-masing 4/128 dan 8/128 GB. Bila kurang, memori internalnya bisa ditambah menggunakan MicroSD hingga 512 GB.

Beralih ke produk selanjutnya, yakni Vivo S1, handset tersebut melenggang di Indonesia sekira pertengahan Juli lalu. Perangkat ini hanya datang dalam satu varian RAM dan penyimpanan internal saja, yakni 4/128 GB. Vivo S1 ditopang prosesor octa-core MediaTek Helio P65 (MTK6768) berukuran 12 nm yang sanggup dipacu hingga kecepatan 2,0 GHz dengan padanan grafis Mali-G52 MC2. Ruang simpannya juga bisa diekspansi menggunakan MicroSD 256 GB saja.

Dari sektor performa dan dapur pacunya, di atas kertas, Realme 5 Pro unggul dibandingkan dengan Vivo S1. Yang membuat Realme 5 Pro unggul seperti jabaran spesifikasi di atas adalah fabrikasi chipset yang lebih kecil dengan 10 nm vs 12 nm milik MediaTek P65 yang digendong Vivo S1.

Perbandingan hasil perolehan uji benchmark Realme 5 Pro (kiri) vs Vivo S1. Realme 5 Pro lebih unggul dibandingkan Vivo S1. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari sektor performa selain menggunakannya sehari-hari dan mengacu pada spesifikasi teknis yang tertera, kami juga menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme 5 Pro mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 181166. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 5 Pro berhasil membukukan skor sebesar 8379.

Sementara untuk Vivo S1, berdasarkan pengujian yang sama pada kedua platform benchmark sintetis tersebut, perangkat mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan hanya di angka 146486 saja. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Vivo S1 juga tak berhasil menyalip perolehan skor uji Realme 5 Pro dengan hanya berhasil membukukan skor sebesar 8294.

Dari segi performa, adu teknis kedua perangkat ‘satu ibu’ itu membuktikan siapa yang lebih unggul pada segmen harga yang ditawarkan. Realme 5 Pro menang dibandingkan dengan Vivo S1 dari perolehan hasil uji skor benchmark sintetis juga chip yang dibawanya. Snapdragon 712 AIE Vs MediaTek Helio P65.

Layar dan Desain

Aspek kedua, yang ingin kami bandingkan antara Realme 5 Pro dengan Vivo S1 adalah layar dan desain. Dari segi layar, keduanya terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa huruf dengan gaya tetesan air di ujung tengah bagian atas layarnya sebagai rumah dari kamera selfie-nya.

Dimulai dari Realme 5 Pro, perangkat yang bersangkutan hadir dengan layar water drop notch 6,3 inci yang menawarkan rasio 83,6 persen screen-to-body ratio yang cukup memberikan kesan tampilan lebar. Layar Realme 5 Pro memiliki aspek rasio 19,5:9 dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.340 piksel).

Masih di bagian layar, material layar Realme 5 Pro masih sama dengan Realme 3 Pro sebelumnya yakni IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Secara garis besar, layarnya tajam dan terang dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang baik dengan tingkat kecerahan mencapai 450 nits dengan kerapatan piksel 409 ppi.

Beralih ke Vivo S1, handset tersebut untuk sektor layar pede melenggang dengan layar Super AMOLED 16 M colors 6,38 inci beresolusi Full HD Plus 1.080 x 2.340 piksel. Layar Vivo S1 juga mempunyai kerapatan piksel yang tinggi meski tak menyamai Realme 5 Pro yang hanya 404 ppi.

Bergeser ke bagian belakang, kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian yang kinclong. Namun untuk urusan desain, Realme 5 Pro tampak lebih mentereng jika head to head dengan Vivo S1.

Realme 5 Pro tampak lebih kinclong dengan sentuhan warna gradasi berpola potongan berlian yang memikat mata. Sementara untuk Vivo S1, kendati sama kinclongnya, sayang bagian desain di belakang perangkat cenderung polos tanpa pola seperti Realme 5 Pro.

Untuk kasus ini memang agak subjektif, suka-sukaan. Mau pilih yang kinclong berpola potongan berlian seperti Realme 5 Pro atau kinclong dengan kesan clear tanpa pola seperti Vivo S1.

Meski unggul untuk urusan desain, Realme 5 Pro harus rela spesifikasi layarnya berada di bawah Vivo S1. Pasalnya, Realme 5 Pro hadir hanya dengan panel layar IPS LCD sementara Vivo S1 meluncur dengan material layar Super AMOLED yang sudah terkenal performanya dalam menyajikan warna.

Perbandingan empat kamera utama Realme 5 Pro (kiri) dan Vivo S1 yang hanya memiliki tiga kamera utama. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Meski hadir menyasar segmen dan target market yang sama, yakni para milenial, di awal kami bisa langsung bilang Realme 5 Pro lebih unggul ketimbang Vivo S1 untuk urusan fotografi.

Realme 5 Pro hadir dengan empat kamera di bagian belakang dengan tagline Quad Camera Speed Master. Angka-angka kamera Realme 5 Pro sendiri terdiri atas kamera utama Sony IMX586 48 MP f/1.8, 8 MP f/2.2 ultra wide angle, 2 MP f/2.4 ultra makro, dan 2 MP f/2.4 depth sensor. Sedangkan untuk kamera depan, Realme 5 Pro menawarkan kamera selfie 16 MP Sony IMX471 f/2.0.

Beralih ke Vivo S1, handset tersebut harus mau mengakui kelemahannya di sektor kamera utama ketimbang Realme 5 Pro. Betapa tidak, Realme 5 Pro yang hadir dengan empat kamera jelas lebih mencolok dibandingkan Vivo S1 yang hanya tiga kamera utama saja. Sensor utama Vivo S1 juga tak sebesar Realme 5 Pro.

Rincian kamera Vivo S1 untuk kamera belakangnya masing-masing mempunyai sensor 16 MP f/1.8 wide, 8 MP ultra-wide f/2.2, dan depth sensor 2 MP f/2.4. Meski kalah di sektor kamera utama, Vivo S1 unggul pada sektor kamera selfie. Jika Realme 5 Pro hanya hadir dengan kamera selfie 16 MP, Vivo S1 hadir dengan kamera selfie 32 MP f/2.0.

Dari aspek kamera, kedua perangkat membawa keunggulan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu milenial penyuka street photography yang membutuhkan perangkat kamera simple dalam hal ini smartphone boleh lah menjagokan Realme 5 Pro dengan 48 MP quad camera-nya. Sementara jika lebih suka tampil narsis dengan swafoto yang kinclong, Vivo S1 bisa kamu jadikan pilihan karena sensor kamera selfie-nya yang berukuran 32 MP.

Berdasarkan pengujian kami pada kedua perangkat di sektor kamera, Realme 5 Pro juga unggul berkat fitur nightscape dan chroma boost selain sensor utama 48 MP-nya. Kedua fitur tersebut sudah pernah kami ulas sebelumnya dengan kemampuan membantu meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem. Lihat saja perbandingan foto pada kedua perangkat tersebut di akhir artikel.

Tabel perbandingan spesifikasi Realme 5 Pro dan Vivo S1. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir yang ingin JawaPos.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Realme 5 Pro dari sektor catu daya dibekali dengan baterai 4.035 mAh. Urusan konsumsi baterai, Realme 5 Pro juga ditunjang dengan sistem pengisian daya supercepat VOOC 3.0 baru dengan pengisian 20W (5V4A).

Dibandingkan dengan pendekatan pengisian cepat bertegangan tinggi biasa, VOOC 3.0 hanya membutuhkan satu transformasi tegangan pada adaptor. Ini memberi VOOC 3.0 efisiensi transformasi daya yang lebih tinggi dan kecepatan pengisian yang lebih cepat.

Teknologi ini juga mengurangi panas yang dihasilkan di adaptor dan di ponsel. VOOC 3.0 Realme 5 Pro diklaim dua kali lebih kuat dalam pengisian daya daripada generasi sebelumnya tanpa teknologi pengisian daya VOOC 3.0. Baterai 4.035 mAh dapat diisi hingga 50 persen dalam 30 menit, dan 100 persen dalam 80 menit saja.

Sementara untuk keamanannya, Realme 5 Pro hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Begitu pun fingerprint-nya yang multifungsi ini dapat membuka Realme 5 Pro dengan sangat cepat. Kami tidak tahu persisnya berapa detik. Sebab sangat cepat, jari baru disentuhkan dan layar smartphone sudah menyala. Fitur keamanan fingerprint di Realme 5 Pro juga memiliki medan sentuh yang terbilang luas dan sensitif di keseluruhan areanya.

Oh iya, fitur-fitur keamanan tadi tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya.

Dari segi harga, perangkat terbilang hadir dengan banderol yang kompetitif melihat segmen yang ditujunya dan lawan-lawannya di pasaran. Realme 5 Pro di pasaran seperti sudah disinggung di atas hadir dengan harga mulai Rp 2,9 jutaan untuk varian RAM/ROM 4/128 GB, kemudian banderol Rp 3,6 jutaan atau paling mahal hadir untuk varian RAM/ROM 8/128 GB.

Terakhir untuk Vivo S1. Urusan daya baterai, Vivo S1 hadir dengan baterai yang terbilang besar jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro, yakni 4.500 mAh. Kendati dilengkapi dengan baterai yang lebih besar, sayangnya Vivo S1 tak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat VOOC 3.0. Teknologi tersebut milik Oppo, padahal bisa saja Vivo menggunakannya jika mereka mau. Sistem pengisian cepat atau fast battery charging Vivo S1 hanya berukuran 18W.

Aspek selanjutnya dari Vivo S1 adalah aspek keamanan. Dari aspek kemanan, Vivo S1 juga hadir dengan sistem keamanan yang cukup lengkap. Untuk urusan keamanan ponsel, Vivo S1 dibekali dengan pilihan keamanan standard seperti PIN dan pola. Sementara untuk fitur keamanan biometrik, perangkat ditambahkan dengan fitur face ID dan fingerprint yang terletak di balik layar.

Pada perangkat Vivo S1, respons keamanan Face ID-nya terbilang cepat. Sementara untuk fingerprint-nya, kendati kekinian dengan meletakannya di balik panel layar dan menang teknologi jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro, kami kurang suka fitur demikian.

Sebab meskipun tergolong cepat, teknologi fingerprint di balik layar atau under display fingerprint scanner tetap dalam beberapa situasi tak bisa dibandingkan dengan panel fingerprint fisik. Responsnya cenderung lambat dan jika layar basah atau jari lembab, sensor akan telat membaca sidik jari.

Sementara untuk urusan kantong, Vivo S1 di Indonesia seperti sudah diulas di atas, handset ini hanya melenggang dengan satu varian RAM/ROM saja yakni 4/128 GB saja dan dilepas dengan harga saat peluncuran sekitar Rp 3,5 jutaan.

Atas adu teknis kedua perangkat Realme 5 Pro dan Vivo S1 tersebut, apakah sudah ada gambaran perangkat mana yang akan kamu pilih jika berencana meminang dua pilihan smartphone tersebut? Semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

Berikut perbandingan hasil jepretan kamera smartphone Realme 5 Pro dan Vivo S1.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads